Senin, 23 Apr 2018
radarsurabaya
icon featured
Sportainment Surabaya

Ratusan Bonita Ikut Sosialisasi Sistem Reproduksi

Senin, 16 Apr 2018 14:05 | editor : Abdul Rozack

SEHAT: Kombes Pol Rudi Setiawan dan dr Lula Kamal berfoto bersama dengan para Bonita di Gedung Bharadaksa Mapolrestabes Surabaya.

SEHAT: Kombes Pol Rudi Setiawan dan dr Lula Kamal berfoto bersama dengan para Bonita di Gedung Bharadaksa Mapolrestabes Surabaya. (GINANJAR ELYAS SAPUTRA/RADAR SURABAYA)

SURABAYA – Semakin meningkatnya angka kematian yang disebabkan penyakit pada sistem reproduksi wanita, menjadi keprihatinan Kapolrestabes Kombes Pol Rudi Setiawan. Karena itu, dia menggandeng dokter Lula Kamal

untuk mensosialisasikan sistem reproduksi wanita dan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam asetat (IVA) gratis untuk para Bonek Wanita (Bonita).

Kegiatan itu dilakukan di Gedung Bharadaksa Mapolrestabes Surabaya, Minggu, (15/4). Program yang diinisiasi langsung oleh Kombes Pol Rudi Setiawan merupakan bentuk dari pengabdian pada masyarakat lewat sosialisasi tersebut. Rudi mengatakan, semakin maraknya wanita meninggal dunia yang dikarenakan penyakit dalam organ reproduksi. Karena itu, dia menyediakan pemeriksaan gratis.

“Dalam hal ini kami dari Polrestabes Surabaya ingin memberikan pengetahuan lebih mengenai organ reproduksi wanita pada para Bonita. Kali ini kami memperdayakan Bonita agar lebih tahu lagi masalah tersebut,” ungkap Rudi.

Menurut Lula Kamal pentingnya pengetahuan mengenai organ reproduksi ini agar para Bonita lebih peduli pada kesehatan organ intim. Masalahnya, kesadaran masyarakat mengenai mengenai hal tersebut sangatlah rendah. 

Setiap wanita yang telah melakukan hubungan intim wajib melakukan pemeriksaan organ reproduksi secara berkala. 

“Kesadaran orang ini yang sangat rendah untuk peduli pada kesehatan kewanitaan, maka dari itu saya sangat beruntung diberi kesempatan pada kali ini,” jelas Lula.

Penyakit yang kerap terjadi adalah adanya kanker serviks yang disebabkan Virus Human Papillomavirus (HPV). Virus yang menyebar melalui seks tanpa pengaman, dan terdapat berbagai jenis HPV. Beberapa di antaranya menyebabkan kutil dan kanker, seperti halnya kanker serviks.

Lula Kamal mengaku sangat senang sekali telah dipercaya oleh Kombes Pol Rudi Setiawan untuk mensosialisasikan masalah tersebut. Apalagi sosialisasi ini ditujukan pada Bonita, tentu ini menjadi suatu kebanggaan baginya.

“Waktu saya dikasih kabar untuk mengisi acara ini kaget juga. Kok bisa ya Pak Rudi kepikiran sampai segitunya. Pemeriksaan dan sosialisasi kesehatan untuk para Bonita ini menurut saya kegiatan yang bagus dan jarang ya,” imbuh Lula.(gin/no)

(sb/gin/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia