Kamis, 26 Apr 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Pemkab Siapkan Satunan Kematian Rp 6 M

Senin, 16 Apr 2018 13:47 | editor : Aries Wahyudianto

Khusaini

Khusaini (Dok/Radar Gresik)

KEBOMAS – Tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik menyiapkan anggaran Rp 6 miliar untuk memberikan bantuan santunan kematian masyarakat tidak mampu. Kegiatan ini sebagai bagian upaya membantu warga miskin.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Gresik, Khusaini mengatakan, masing-masing penerima mendapatkan bantuan sebesar Rp 1,5 juta. Sehingga, anggaran tersebut cukup untuk 4 ribu warga tidak mampu. Santunan kematian masuk dalam hibah incidental. Sehingga, jumlah masyarakat yang akan menerima bantuan ini tidak bisa dipastikan. “Yang jelas untuk tahun ini kami menyiapkan anggaran Rp 6 miliar,” ujarnya.

Menurut dia, kalau estimasinya setiap penerima mendapatkan Rp 1,5 juta, maka anggaran tersebut cukup untuk 4 ribu warga tidak mampu. Tapi hal ini tidak bisa dipastikan akan terserap semuanya. “Kami tidak mematok jumlah penerimanya, yang jelas kami siapkan anggarannya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” terang dia.

Ditambahkan, untuk penerima bantuan ini sendiri merupakan masyarakat yang terdata dalam database masyarakat tidak mampu. Selain itu, perlu ada rekomendasi dari desa kepada kecamatan dan diterukan kepada bupati. “Nanti Pak Bupati yang merekomendasikan kepada Bagian Kesera,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perbendaharaan Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Gresik Bambang Sayogyo Suryono mengatakan hingga Maret lalu santunan kematian sudah diberikan kepada 352 orang tidak mampu. “Dengan anggaran sebesar Rp 508 juta,” terangnya. (rof/ris)

(sb/rof/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia