Rabu, 25 Apr 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Terobosan Baru Dishub

Tertibkan Jukir, Realisasikan e-Parkir

Senin, 16 Apr 2018 10:11 | editor : Aries Wahyudianto

Dishub Kabupaten Gresik dengan terobosan baru berupa e-parkir untuk mengatur tempat parkir di wilayah Gresik

E - PARKIR : Dishub Kabupaten Gresik dengan terobosan baru berupa e-parkir untuk mengatur tempat parkir di wilayah Gresik (Yudhi/Radar Gresik)

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gresik terus berusaha menertibkan pengelolaan parkir tepi jalan. Salah satunya, dengan mengeluarkan terobosan baru berupa e-parkir.

DENGAN sistem ini, Dishub berharap pengelolaan parkir lebih efektif dan menghindari adanya pungutan liar (pungli). Informasi yang berhasil dihimpun, pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018 Dishub mendapatkan anggaran Rp 1,2 miliar. Anggaran tersebut bakal digunakan untuk membeli terminal parkir elektronik atau e-parkir.

Sekertaris Dishub Kabupaten Gresik AH Sinaga membenarkan terkait rencana realisasi program e-parkir. Tahun ini, pihaknya sudah menyiapkan anggaran untuk membeli terminal parkir elektronik. “Iya, kami berusaha tahun ini untuk e-parkir sudah bisa diterapkan untuk parkir tepi jalan umum,” ujarnya, kemarin.

Menurut dia, saat ini pihaknya masih menggodok aturan terkait sistem pelaksanaan parkir elektronik tersebut. Namun, pihaknya belum mengetahui apakah aturan e-parkir ini harus melakukan perubahan perda atau cukup peraturan bupati saja. “Ini yang masih kami bahas,” terang dia.

Dikatakan, dengan adanya parkir elektronik ini pihaknya berharap pelayanan kepada para pengguna parkir tepi jalan bisa lebih meningkat. Selain itu, dengan adanya parkir elektronik ini diharapkan bisa meminimalisir pungli. “Kami berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan parkir tepi jalan,” ungkapnya.

Ditambahkan, pada parkir elektronik ini, para pengguna parkir tepi jalan bisa membayar parkir secara elektronik melalui alat yang nanti disedikan. Kalau memang pengguna parkir tidak memiliki kartunya, bisa menggunakan kartu yang disedikan jukir. “Ini tidak berlangganan. Tapi kami serahkan kepada pengguna sendiri mau membeli kartunya atau menggunakan kartunya jukir,” imbuh dia.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gresik Nur Qolib mengapresiasi rencana Dishub menggunakan e-parkir. Pihaknya meminta agar program ini bisa direalisasikan lebih awal agar tidak mengalami kemoloran. “Kalau bisa pada triwulan kedua nanti pengadaan sudah bisa dilakukan,” ungkapnya.

Ditambahkan, untuk aturannya sendiri nanti bisa dilakukan pembahasan bersama-sama. Yang pasti, dengan sistem ini pihaknya berharap pelayanan dan pendapatan dari sektor parkir tepi jalan bisa ditingkatkan. “Ini komitmen kita bersama untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” imbuhnya. (rof)

(sb/rof/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia