Selasa, 24 Apr 2018
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Gresik

Pencuri Ikan Ditangkap Adik Kandungnya

Jumat, 23 Mar 2018 09:18 | editor : Aries Wahyudianto

Tersangka M. Rosihin diamankan petugas beserta barng bukti jaring dan  ikan hasil curiannya.

CURI IKAN : Tersangka M. Rosihin diamankan petugas beserta barng bukti jaring dan ikan hasil curiannya. (Yudhi/Radar Gresik)

SIDAYU –Muhammad Rosihin (29) warga Desa Raci Wetan Rt 006 Rw 002 Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik akhirnya terkena batu. Pemuda itu ditangkap Mapolsek Sidayu usai  mencuri ikan di area tambak milik H. Aziz (55) warga Kelurahan Lumpur, Gresik.  Lucunya, pelaku pencurian ini disergap sendiri oleh adik kandungnya bernama Yunus (25). Sang adik, Yunus bersama penunggu tambak dan warga sekitar lalu menyerahkan pelaku ke pihak berwajib. Diduga, pelaku mengaku sudah 15 kali mencuri ikan di area tambak-tambak.

Kapolsek Sidayu AKP Siswanto didampingi Kanit Reskrim Aiptu Bakti Aris mengatakan, peristiwa pencurian ikan ini terjadi di area tambak Desa Raci Tengah Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik, pada Kamis pukul 02.00 WIB dini hari.

“Pelaku diamankan setelah kepergok mencuri ikan bader dan mujaer dengan menggunakan jaring ikan. Kebetulan yang menangkap pelaku itu saudara kandungnya sendiri. Lalu diserahkan kepada kami," kata Siswanto, Kamis Siang.

Dari hasil pemeriksaan, pelaku diketahui sudah melakukan aksi sebanyak 15 kali. Sebelumnya, pelaku juga pernah kepergok mencuri kotak amal dan beberapa ekor ayam di desanya sendiri. “Ternyata pelaku ini sudah sering melakukan pencurian,”  jelasnya.

Kini pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Mapolsek Sidayu. Barang bukti jaring ikan, 7 ekor ikan Bader, 5 ekor ikan Mujaer dan motor Suzuki Smash protolan ikut disita sebagai barang bukti.

Di hadapan petugas, pelaku mengaku nekad mencuri ikan karena tidak memiliki pekerjaan alias pengangguran. Uang hasil pencurian itu diakui pelaku dipakai untuk membeli minuman keras. "Uangnya buat beli arak dan toak pak," ucap Rosikin. (yud/han)

(sb/yud/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia