Minggu, 22 Apr 2018
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Alat E-Voting Pilkades Ditambah 16 Unit

Selasa, 20 Mar 2018 18:18 | editor : Lambertus Hurek

Alat E-Voting Pilkades Ditambah 16 Unit

Sepekan lagi pemilihan kepala desa (pilkades) di 70 desa digelar. Sebanyak 14 desa di antaranya bakal melaksanakan pilkades sistem e-voting. Untuk kelancaran pilkades secara online ini, kebutuhan peralatannya bertambah.
Sebelumnya dihitung peralatan yang dibutuhkan ada 78 unit. Namun jumlah tersebut bertambah setelah melalui tahapan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Ternyata di beberapa desa dibutuhkan tambahan unit untuk mempercepat proses pemilihan karena DPT-nya cukup banyak.
Kepala Seksi Bina Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Desa, Pemberdayaan Perempuuan dan Perlindungan Anak, Keluara Berencana (PMD, P3A, KB) Sidoarjo M Makhmud mengatakan, tambahan yang dibutuhkan sebanyak 16 unit. "Hari ini (kemarin, Red) sudah datang ke kantor dan langsung diinstal," katanya.
Makhmud melanjutkan, 16 unit tambahan tersebut tidak dibagikan ke semua desa peserta pilkades e-voting, melainkan dibagikan ke lima desa. Yakni satu unit di Desa Sidomulyo, Kecamatan Buduran, dua unit di Desa Putat, Kecamatan Tanggulangin, dua unit di Desa Waruberon, Kecamatan Balongbendo, satu unit di Desa Kletek, Kecamatan Taman, dan paling banyak 10 unit di Desa Kepuhkiriman, Kecamatan Waru.
Penambahan alat ini dijelaskan Makhmud akibat adanya penambahan DPT. Misalnya di Desa Kepuhkiriman, Kecamatan Waru. Jumlahnya DPT-nya mencapai 13.908 orang. Sedangkan menurut perhitungan, satu unit peralatan e-voting digunakan untuk 824 orang.
“Peralatan ditambah untuk mengurangi antrean,” imbuhnya.
Dengan tambahan 16 unit ini, total kebutuhan peralatan e-voting mencapai 84 unit. Sebelumnya sudah ada 14 alat yang dikirimkan ke masing-masing desa untuk keperluan sosialisasi dan simulasi. Sebanyak 14 alat tersebut saat ini dikirim lagi ke kantor Dinas PMD, P3A, KB untuk dilakukan penginstalan kembali. Proses ini akan berlangsung hingga 22 Maret mendatang. "Besoknya (23 Maret, Red) langsung dikirim ke desa," jelasnya. (nis/jee)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia