Rabu, 25 Apr 2018
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Gresik

Melukis Bisa Tumbuhkan Imajinasi Anak

Selasa, 20 Mar 2018 10:04 | editor : Aries Wahyudianto

Para siswa Passion Seni Rupa SMAM 1 Gresik saat mengajar anak-anak di SDM 2 Gresik.

TELATEN: Para siswa Passion Seni Rupa SMAM 1 Gresik saat mengajar anak-anak di SDM 2 Gresik. (Esti/Radar Gresik)

SMA Muhammadiyah 1 Gresik Mengajak siswa SD untuk lebih kreatif dan mudah berimajinasi melalui kegiatan melukis. Mereka mengajarkan melukis dengan kombinasi media. Yakni melukis crayon dan cat air.

“Anak-anak lebih mudah tertarik karena media lukis yang digunakan tak seperti yang mereka gunakan biasanya,” terang Pembina Kelas Passion Seni Rupa A. Yoni Rizal.

Ia menjelaskan, seni lukis itu individualnya lebih menonjol, sehingga bisa membuat anak mengeluarkan semua imajinasinya.  Sehingga, anak-anak lebih mudah berkonsentrasi dan cerdas. “Karena itu, harus ada cara beda untuk menarik perhatian mereka, salah satunya dengan kombinasi media ini,” papar dia.

Sementara itu, Farida Nisfa Laila Tsani siswa kelas X IBBU yang juga salah satu siswa dari kelas passion seni rupa SMAM 1 Gresik ini merasa senang ketika belajar bersama anak SD. Menurutnya, anak0anak lebih mudah terarah dengan kolaborasi media ini. “Belajar dengan mereka sangat menyenangkan meski banyak teman saya yang bilang susah dengan anak anak, tapi mereka asyik menggambar bebas dan mengekpresikan ide dan imajinasi dengan cat air yang untuk sebagian anak dianggap asing,” ujarnya.

Penanggung Jawab KTS Abizar Purnama menjelaskan, kegiatan ini bertujuan melatih dan mengajak anak untuk berekspresi dengan crayon dan cat air. “Saya lihat anak-anak sangat senang, mereka benar-benar bisa menggambar mengeluarkan idenya, dan yang tidak bisa menggambar tetap senang corat-coret ceria,” imbuhnya. (est/rof)

(sb/est/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia