Selasa, 24 Apr 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Polisi Air : Buaya di Perairan Hoax

Rabu, 14 Mar 2018 13:16 | editor : Aries Wahyudianto

Polisi Air Kepulauan Bawean memastikan tidak ada buaya di peraian. Sehingga, warga tidak perlu takut

Jernih : Polisi Air Kepulauan Bawean memastikan tidak ada buaya di peraian. Sehingga, warga tidak perlu takut (Dok/Radar Gresik)

Warga merasa mendapat ancaman dari isu banyaknya buaya liar di perairan Kepulauan Bawean. Warga di pesisir pun mulai banyak yang mengunsi. Mereka seakan ketakutan dengan kabar tersebut. Bahkan, hampir setiap hari banyak warga yang melakukan ronda keliling pesisir untuk mengamankan warganya dari serangan buaya liar.

Menanggapi hal itu, Polisi Air Kepulauan Bawean Shodiq memastikan jika tidak ada buaya yang berkeliaran di peraian Bawean. . "Setelah saya tanyakan kepada anggota, tidak ada satupun yang menyatakan demikian. Itu hoax ," kata Shodiq. Bahkan, anggota polisi air di kepualaun Bawean sudah menyisiri seluruh pantai di wilayah tersebut. Hasilnya, tidak ada sama sekali buaya seperti isu yang berkembang di masyarakat.

Dari isu yang berkembang, ditemukan buaya liar sebanyak sembila ekor di pantai pesisir. Diantaranya ditemukan di di Dusun Gelam, Teluk Jati Tambak dan Pesisir Pulau Gili. Warga makin ketakutan karena buaya liar itu dikabarkan dilepas di laut Bawean untuk menghindari dari kontrol polisi kelautan. Ironisnya, jumlah buaya yang dibawa mencapai 84 buaya, sedangkan yang masih dipertahankan oleh pemilik hanya dua buaya. “Informasinya ada 84 buaya, 2 dibawa pemilik. Trapi, setelah kami telusuri tidak ada  satupun buaya,” kata Shodiq.

Meski Polisi Air menyatakan tidak menemukan buaya liar, namun warga masih tidak percaya. Beberapa kepala dusun melakukan antisipasi dengan menghimbau warga Bawean yang bertempat tinggal di pinggir pantai untuk tidak mandi di pantai. Anak-anak warga pun dilarang mendekati area pesisi pantai.

“Saya masih takut, soale sudah banyak yang bilang kalau mereka melihat langsung,” kata Hamdi, warga Gelam. (bst/han)

 

(sb/ris/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia