Sabtu, 24 Feb 2018
radarsurabaya
icon featured
Sportainment Gresik

Akomodir Atlet, UMG Rencanakan Prodi Penjas

Rabu, 14 Feb 2018 09:57 | editor : Aries Wahyudianto

Khorul Anwar

Khorul Anwar (Dok/Radar Gresik)

KOTA - Perkembangan cabang olahraga (cabor) serta banyaknya atlet menarik Universitas Muahmamdiyah Gresik (UMG) untuk mendirikan jurusan Pendidikan Jasmani dan Olahraga (Penjas). Prodi ini diharapkan bisa mengakomodir para atlet yang tetap ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi. Selama ini banyak atlet di Gresik yang harus keteteran antara  latihan dan pendidikan karena studi ke luar kota.

Wakil Rektor I, Khorul Anwar mengatakan, potensi dunia olahraga di Gresik cukup bagus. Terlebih, banyak club-club besar yang menjadi unggulan di tingkat Jatim maupun nasional. “Kita lihat saja seperti Voli Petrokimia, renang bahkan futsal yang menjadi andalan warga Gresik,” kata Khoirul.

Bibit olahraga di Gresik juga terus berkembang didorong kebijakan pemerintah daerah yang terus mendukung KONI. Bahkan, jumlah cabor terus bertambah seperti anggar, maupun tembak.

Dengan potensi dan jumlah atlet yang makin banyak, Khoirul optimisprogram studi olahraga di Gresik bakal diminta warga Gresik, termasuk dari wilayah utara dan selatan. Seperti Panceng, Sedayu, Bungah, Wringin Anom dan sebagainya. “Saat ini masih moratorium jurusan IPS sampai 2019, kalau tidak bermasalah lagi maka akan kami ajukan,” kata Khorul.

Sementara itu, Ketua KONI III, Andik Widyantoro mendukung rencana UMG untuk membuka jurusan Penjas. Pasalnya, selama ini pembinaan atlet sering terkendala pendidikannya. Ketika mereka lulus SMA dan melanjutkan ke perguruan tinggi sesuai dengan bakatnya, seperti olahraga maka mereka otomatis juga harus kuliah di kampus yang punya jursan olahraga, seperti Unesa, UNM dan UMM (Universitas Muhammadiyah Malang).  “Ini sangat membantu KONI dalam pembinaan atlet secara berkelanjutan,” kata Andik. (han/rtn) 

(sb/han/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia