Sabtu, 24 Feb 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Babi Kutil Langka Hanya di Bawean

Terancam Punah Lantraan Banyak yang Diburu Warga

Rabu, 14 Feb 2018 09:43 | editor : Aries Wahyudianto

Seekor babi kutil yang mati setelah terperangkap jaring.

Diburu Ramai-ramai : Seekor babi kutil yang mati setelah terperangkap jaring. (Dok/Radar Gresik)

Babi kutil (Sus verrucosus) Bawean terancam punah. BKSDA tak bisa mencegah perburuan lantaran status hewan ini bukan dilindungi.

Abdul Basith/Wartawan Radar Bawean

Babi kutil sebenarnya ternmasuk hewan yang langka. Di Bawean hewan ini sering diburu oleh petani. Lalu setelah tertangkap langsung dibunuh.

Kepala Resort Konservasi Wilayah (RKW) BKSDA Bawean, Nur Syamsi membenarkan populasi babi kutil di Pulau Bawean terancam punah. In  sehubungan sering diburu petani, lalu ditangkap memakai jaring. Alasannya petani berburu dan membunuh babi kutil dikarenakan binatang langka dianggapnya merusak tanaman di kebun dan buahnya habis dimakan babi kutil. Sehingga petani merasa dirugikan, lalu mereka  berusaha berburu babi dan menghabisinya.

Sementara petugas RKW BKSDA Bawean tidak bisa mencegah petani untuk berburu sehubungan babi kutil belum dilindungi hanya dalam pengawasan saja. Walaupun demikian, petani yang melakukan pemburuan dilarang keras masuk kawasan hutan milik negara. "Jika ketahuan masuk dalam kawasan, maka petugas akan melakukan penangkapan untuk diproses hukum,"katanya.

Selama ini warga berhasil melakukan penangkapan babi kutil diluar kawasan hutan milik negara. Seperti kemarin warga Gunung Emas desa Lebak Sangkapura berhasil menangkapnya setelah keluar kawasan, lalu ramai-ramai melakukan penangkapan dengan memakai jaring. Setelah tertangkap langsung dibunuhnya.

Lebih lanjut Nur Syamsi menjelaskan bila nantinya babi kutil sudah dilindungi maka warga dilarang melakukan penangkapan, apalagi sampai membunuhnya. "Ancamannya bisa dijerat hukum dan pelaku masuk penjara,"ujarnya.

Perlu diketahui babi kutil di Pulau Bawean termasuk spesies babi terlangka di dunia. Sangat sedikit yang diketahui tentang babi kutil sebab keberadaannya terbatas di Pulau Bawean. (bst/rtn)

(sb/ris/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia