Sabtu, 24 Feb 2018
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Stren Kali Jagir Dipercantik dengan Mural dan Taman

Selasa, 13 Feb 2018 14:34 | editor : Wijayanto

MENARIK PERHATIAN: Mural yang menghiasi tembok di stren kali Jagir, salah satunya bertema pahlawan Surabaya yang juga menampilkan sosok wali kota perempuan pertama Surabaya Tri Rismaharini.

MENARIK PERHATIAN: Mural yang menghiasi tembok di stren kali Jagir, salah satunya bertema pahlawan Surabaya yang juga menampilkan sosok wali kota perempuan pertama Surabaya Tri Rismaharini. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

SURABAYA – Pemkot Surabaya terus mempercantik kawasan di Kota Pahlawan. Salah satunya kawasan stren kali Jagir Wonokromo yang dipercantik dengan mural. Setelah bangunan liar ditertibkan, kawasan tersebut diharapkan bisa dinikmati masyarakat untuk bersantai.
Kabag Humas Pemkot Surabaya M Fikser mengatakan, setelah sejumlah rumah di kawasan tersebut ditertibkan, pemkot ingin mempercantik dinding sepanjang 200 meter tersebut melalui sentuhan mural. Pemkot ingin mempercantik kawasan tersebut dengan menyediakan wadah bagi komunitas mural agar tidak mengecat di sembarang tempat.
“Setelah pengerjaan mural selesai, pemkot akan melakukan pemasangan lampu, membuat taman dan menanam pohon di sekitar kawasan tersebut,” katanya, Senin (12/2).
Selain kawasan stren kali Jagir Wonokromo, pemkot akan melakukan hal serupa di beberapa titik yang sudah ditertibkan oleh Pemkot Surabaya, salah satunya di kawasan Keputran. “Mural merupakan media yang memiliki pesan dan nilai seni yang tinggi,” terangnya.
Menurutnya, penggarapan mural melibatkan komunitas mural yang ada di Surabaya. Mereka diberi ruang dan disiapkan segala macam fasilitas oleh pemkot agar mampu berekspresi melalui mural. “Biar ahlinya untuk mengekpresikan pesan gambar melalui mural,” imbuhnya.
Dia berharap, dengan memberikan fasilitas tersebut, masyarakat bisa bersantai dan rileks dengan suasana di sejumlah stren kali yang sudah kembali fungsinya. Selain itu, mural diharapkan juga bisa memberikan refreshing. “Semoga bermanfaat,” pungkasnya. (vga/nur)

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia