Sabtu, 24 Feb 2018
radarsurabaya
icon featured
Features Sidoarjo

M Anas Rifai, Koleksi 140 Jersey Juventus

Senin, 12 Feb 2018 19:39 | editor : Lambertus Hurek

Ana Rifai menunjukkan beberapa kaos Juventus koleksinya.

Ana Rifai menunjukkan beberapa kaos Juventus koleksinya. (annisa firdausi/radar sidoarjo)

Dukungan terhadap tim sepak bola kesayangan bisa diberikan dilakukan dengan wujud yang beragam. Mochammad Anas Rifai, salah satunya. Ia memilih mengoleksi jersey tim kesayangannya, Juventus. Ia memiliki 140 jersey tim asal Italia itu yang berjuluk Si Nyonya Tua itu.

ANNISA FIRDAUSI

Wartawan Radar SIdoarjo

SALAH satu sudut ruangan di rumah M Anas Rifai didominasi oleh warna hitam dan putih. Warna itu berasal dari ratusan jersey yang digantung berjajar. Sebuah stiker bergambar tim sepak bola Juventus juga ditempel di dinding. 

Namun ada satu kaus yang dibingkai dalam pigora. Berbeda dengan lainnya, ada banyak tanda tangan di kaus berwarna kuning itu. Di antaranya Liorente, Pirlo, Pogba, Vidal, Giovinco, Evra, Chiellini, Bonucci, dan Buffon. “Ada alasan khusus mengapa saya mempigorakan kaus itu,” katanya. 

Anas menceritakan, dia mendapatkan tanda tangan tersebut dari masing-masing pemain secara langsung. Menurutnya, ketika itu tim Juventus datang ke Indonesia. Ia pun berupaya mendapatkan tanda tangan masing-masing pemain dengan mendatangi para pemain. “Saat itu Juventus Tour di Indonesia pada 2014 lalu," jelas dia.

Pria kelahiran Sidoarjo ini mengaku mulai menyukai Juventus sejak 1998. Awalnya kakak sepupu Anas yang merupakan fans Juventus mengajaknya melihat pertandingan di televisi. Ketika itu juga Anas langsung menjadi Juventini (sebutan fans Juventus, red). Dia menyukai gaya permainan serta pemainnya.

Sejak menjadi Juventini, pada 2006 Anas mulai mengoleksi jersey Juventus. Pertama kali yang dibelinya adalah jersey 2005 seharga Rp 450 ribu. Hingga saat ini dirinya sudah mengumpulkan 140 jersey Juventus.

Cara membelinya pun menurut Anas tidak mudah. Dia harus pintar-pintar menjelajah dunia maya untuk mencari kolektor jersey Juventus juga. Dari situlah terjadi tawar menawar harga. 

Anas bahkan rela merogoh kantong yang cukup dalam untuk satu jersey. Salah satu yang paling mahal adalah jersey match issue Del Piero yang dibanderol Rp 4,6 juta. Di jersey tersebut sudah dibubuhi tanda tangan Del Piero. Selain itu ada juga jersey seharga Rp 4,5 juta yang dibelinya, yakni milik Del Piero pada final Toyota Cup pada 1996.

Tidak heran ada banyak jersey milik Del Piero di rumahnya. Sebab pemain bernomor punggung 10 tersebut merupakan idolanya. Namun setelah Del Piero hengkang dari Juventus, Anas kini mengidolakan Gianluigi Buffon. 

Meski sudah mengoleksi sebanyak 140 jersey, Anas masih belum puas. Ada banyak jersey yang menjadi incarannya namun belum berhasil didapatkan. Salah satunya adalah edisi last match captain Del Piero pada final tim cup 2012. 

“Belum ada yang jual, kalaupun ada harganya pasti akan sangat mahal," jelasnya.

Selain itu ada satu lagi jersey yang menjadi incarannya, yakni edisi ulang tahun Buffon. Saat itu dirinya sudah mengantre untuk membeli namun stok sudah habis. Sebab laus itu hanya diproduksi sebanyak 1.111 jersey. (*/jee) 

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia