Kamis, 26 Apr 2018
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Usaha Mikro Dikucuri Dana Rp 8,7 Miliar

Sabtu, 13 Jan 2018 05:15 | editor : Lambertus Hurek

Bupati Saiful Ilah meninjau salah satu stan UKM.

Bupati Saiful Ilah meninjau salah satu stan UKM. (DOK)

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro mendapat kucuran anggaran Rp 8,7 miliar. Anggaran tersebut sama seperti tahun 2017 dan maksudkan agar para pelaku usaha mikro di Sidoarjo tetap bergeliat.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, M Tjarda mengatakan usaha mikro memang menjadi salah satu fokus dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD)-nya. Menurutnya, sebelumnya usaha mikro di Kota Delta ini banyak menghadapi berbagai kendala. Di antaranya adalah masalah dana promosi.

“Sebetulnya ini kendala usaha mikro di berbagai daerah di mana pun, jadi kami fokus bagaimana para pelaku usaha ini usaha mikro di Sidoarjo ini tetap bergeliat,” terangnya, Jumat (12/1).

Tjarda menjelaskan anggaran Rp 8,7 miliar memang tidak naik dari tahun sebelumnya. Alasannya, serapan anggaran di tahun lalu minim. Dikatakan, hal itu karena banyak usaha mikro yang tidak sabar dalam pengurusan pinjaman dana.

Namun Tjarda mengatakan langkah pengurusan yang dirasa ribet itu salah satu kehati-hatian dari pihak bank yang ingin mengetahui para pelaku usaha. “Namun banyak juga usaha mikro yang masih memiliki tunggakan di bank lainnya. Ini yang membuat bank yang sudah kerja sama dengan kami ini perlu di survei lebih teliti lagi,” terangnya.

Tjarda berharap dengan kucuran Rp 8,7 miliar itu, usaha mikro di Sidoarjo menjadi lebih hidup. “Harapannya tahun ini dana yang sudah dialokasikan ini dapat terserap semua,” katanya kembali.  (sar/jee) 

(sb/sar/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia