Kamis, 18 Jan 2018
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Lima Jalan Beton Selesai Akhir Bulan

Sabtu, 13 Jan 2018 06:05 | editor : Lambertus Hurek

Salah satu ruas jalan beton di kawasan Krembung.

Salah satu ruas jalan beton di kawasan Krembung. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Pembangunan jalan cor atau beton yang dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sidoarjo sejak 2017 lalu sedikit-sedikit mulai selesai. Dari lima titik yang dikerjakan, dua di antaranya sudah selesai, Jumat (12/1). Sedangkan tiga titik lainnya dikebut pengerjaannya agar bisa selesai akhir bulan ini.

Kepala Dinas PUPR Sidoarjo Sigit Setyawan mengatakan, dua titik yang sudah tuntas tersebut adalah ruas Kepadangan-Krembung dan Kebonagung-Kemasan. Menurut Sigit, sejak kemarin kedua ruas jalan tersebut sudah dilewati kendaraan roda dua. “Sementara memang belum bisa dilewati roda empat karena beton belum padat,” ungkapnya.

Sigit menjelaskan, secara garis besar kedua ruas jalan ini pengecorannya sudah tuntas. Saat ini tinggal memasang saluran air dan membuat bahu jalan. “Pekan ini sudah selesai, paling lambat pekan depan," tambahnya.

Sedangkan tiga titik lainnya, yakni Porong-Krembung, Bulang Prambon, dan Prambon-Gedangrowo pengecorannya masih terus berjalan. Namun progress pembangunan ketiganya sudah lebih dari 90 persen. Diperkirakan Sigit akhir bulan ini semua proyek pembangunan jalan beton rampung (lihat grafis).

Pembangunan jalan beton di lima titik ini dilakukan dengan dua cara. Empat titik menggunakan alat dan satu titik secara manual. Seharusnya kelima titik ini ditarget untuk selesai akhir tahun lalu. Namun cuaca buruk membuat pekerjaannya tertunda.

Diterangkan, pembangunan jalan beton juga akan kembali dilanjutkan tahun ini. Sejumlah anggaran sudah disiapkan untuk pembangunannya. Hanya saja saat ini titik mana saja yang akan dibangun jalan beton belum ditentukan. Dinas PUPR masih melakukan pendataan.

"Target ke depan semua ruas jalan tidak ada yang aspal, semuanya pakai beton,” pungkasnya. (nis/jee)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia