Selasa, 24 Apr 2018
radarsurabaya
icon featured
Kota Lama
Melihat Sejarah Pabrik Kasa Husada (29)

Bangunan Baru Sempat Digunakan Sebagai Ruang Penelitian

Jumat, 12 Jan 2018 18:23 | editor : Wijayanto

BERALIH FUNGSI: Bangunan baru di pabrik Kasa Husada ini sempat digunakan untuk penelitian, namun kini aktivitas dihentikan dan dijadikan ruang pertemuan.

BERALIH FUNGSI: Bangunan baru di pabrik Kasa Husada ini sempat digunakan untuk penelitian, namun kini aktivitas dihentikan dan dijadikan ruang pertemuan. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Terdapat rak-rak kayu terdapat di gedung baru pabrik Kasa Husada. Rak-rak tersebut dulunya digunakan untuk meletakkan bahan-bahan penelitan pembuatan produk selain kasa. Ruangan penelitian itu yang menjadi salah satu faktor pendirian bangunan baru pabrik tersebut.

Yuan Abadi-Wartawan Radar Surabaya

Pabrik kasa tersebut sempat melakukan sejumlah penelitian di bangunan baru tersebut. Penelitian tersebut bermaksud membuat produk lain dari kasa yang terbuat dari rumput laut. Penelitian tersebut sempat melibatkan sejumlah mahasiswa.
Meski penelitian tersebut berhasil, namun karena adanya beberepa faktor, pemerintah, khususnya manajemen pabrik menghentikan penelitian tersebut. Ruangan tersebut menjadi sepi dan sempat tak terurus.
Kemudian segala peralatan penelitian tersebut lantas disingkirkan dari ruangan tersebut. Hanya meninggalkan rak-rak kayu jati yang masih utuh. Setelah itu, ruangan tersebut diubah menjadi ruangan pertemuan dengan ditambahkan meja dan kursi besar.
Ruangan ini biasa digunakan untuk menemui tamu-tamu yang hendak berkunjung ke pabrik kasa. Ruangan ini cukup simpel karena tak ada hiasan apapun. Hanya ada meja dan kursi saja.
“Ruangan ini memang khusus untuk pertemuan. Sebab aktivitas setiap harinya kami lakukan di kantor atau gedung utama pabrik,” ungkap Humas PT Kasa Husada Sutrisno kepada Radar Surabaya.
Pabrik kasa husada merupakan pabrik kasa tertua milik pemerintah. Pabrik tersebut sudah beroprasi sejak tahun 1926 yang lalu. Sebelum diambil alih pemerintah, pabrik tersebut bernama Verban Stofen Fabric Soerabaia. Hingga saat ini, pabrik yang berada di Jalan Kalimas Barat tersebut terus beroperasi dan menyuplai kasa di sejumlah rumah sakit pemerintah di Indonesia. (bersambung/nur) 

(sb/yua/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia