Rabu, 17 Jan 2018
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

Khofifah Harus Stop Ngopi, Puti Khawatir Kolesterol

Jumat, 12 Jan 2018 18:04 | editor : Wijayanto

SELESAI TES: Bacagub-bacawagub Jatim, Saifullah Yusuf dan Puti Guntut Soekarnoputra, saat keluar dari Graha Amerta, RSUD dr Soetomo Surabaya, setelah menjalani tes kesehatan di Graha Amerta, RSUD dr Soetomo Surabaya, Kamis (11/1).

SELESAI TES: Bacagub-bacawagub Jatim, Saifullah Yusuf dan Puti Guntut Soekarnoputra, saat keluar dari Graha Amerta, RSUD dr Soetomo Surabaya, setelah menjalani tes kesehatan di Graha Amerta, RSUD dr Soetomo Surabaya, Kamis (11/1). (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

SURABAYA - Dua pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa-Emil E. Dardak dan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno langsung menjalani tes kesehatan, Rabu (11/1) pagi.  Menyusul telah resminya kedua pasangan tersebut melakukan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai bakal pasangan calon orang nomor pertama dan  kedua di Jawa Timur.
Komisioner KPU Jatim M. Arbayanto mengatakan, jadwal pemeriksaan kesehatan adalah psikiater dan psikologi. Besok barulah dilakukan pemeriksaan jasmani yang membutuhkan puasa. “Hari ini pasca pendaftaran pasangan calon langsung menjalani tes kesehatan selama dua hari. Ada tiga unsur aspek yang diperiksa, yaitu psikologis, kesehatan jasmani dan bebas narkoba,” ujar Arba, Kamis (11/1).
Hasil dari pemeriksaan kesehatan terhadap dua pasangan bakal calon ini nantinya akan melalui tahapan sidang pleno. Kemudian barulah diputuskan pada 15 Januari dan sehari sesudahnya disampaikan kepada KPU. “Hasil ini satu dari beberapa syarat calon yang harus dipenuhi,” jelasnya.
Di RS dr Soetomo tempat tes kesehatan, Khofifah yang lebih dulu selesai menjalani rangkaian pemeriksaan mengatakan,  menjalani tes tulis. "Hanya tes tulis. Kemudian menunggu untuk dipanggil tes wawancara," kata Khofifah singkat.
Dirinya pun mengaku untuk menghadapi tes kesehatan dihari kedua tidak ada yang khusus. "Cuma harus puasa 12 jam. Aku ini kan tukang ngopi ya jadi stop jam 8 malam ndak boleh ngopi," jawabnya.
Cerita berbeda diungkap Bacawagub Emil E. Dardak. Dirinya mengaku masih lelah setelah melakukan serangkaian aktifitas pendaftaran ke KPU Jatim dan setelahnya. "Sebenarnya kemarin (Rabu, 10/1) malam sudah pulang ke Trenggalek. Setelah tahu kabar tes ini,akhirnya balik lagi (ke Surabaya). Ngantuk sih," ungkapnya.
Emil melanjutkan, dirinya harus menjawab 500 lebih soal dalam waktu singkat. Meski terkesan mendadak. Emil mengaku bisa menyelesaikan semua tugas dengan baik. "Ada soal terkait kepribadian. Terus wawancara yang cukup komprehensif untuk melihat kepribadian yang berkarakter," sebut Emil.
 Sementara itu Gus Ipul yang datang bersama Puti mengatakan bahwa tes yang dilakukan sama seperti tes pasangan bakal calon pada pilkada sebelumnya. "Alhamdulillah hari ini tesnya lancar. Untuk tes yang lebih lengkapnya besok, dan mulai nanti malam disuruh puasa muali jam 8, untuk persiapan," kata Gus Ipu.
Sementara Puti sendiri mengaku  tidak ada masalah di tes hari pertama ini. Untuk besok, dirinya  sudah siap. Sebab selama ini dirinya telah menjaga kesehatan, bukan hanya untuk kepentingan Pilgub ini saja. "InsyaAllah gak ada masalah buat besok, karena sebelum ini, saya juga cukup olah raga dan jaga stamina, mudah-mudahan sih gak ada kolesterol, gak ada asam urat," kata Puti, yang juga cucu  Proklamator, Ir. Soekarno.
Ditempat yang sama  Direktur RSUD Dr Soetomo  Harsono mengatakan, pemeriksaan untuk para pasangan calon ini dilakukan selama dua hari. Untuk hari pertama mereka menjalani tes psikiater, kemudian pada hari kedua barulah mereka menjalani tes kesehatan. "Waktunya empat jam, untuk tes psikiater, yaitu wawancara dan tes tulis. Untuk test kesehatan dilakukan besok, meliputi pemeriksaan fisik dan BNN, waktunya bisa satu hari," kata Harsono. (bae/nug)

IKUTI TES: Bacagub Jatim, Khofifah Indar Parawansa usai keluar dari Graha Amerta, RSUD dr Soetomo Surabaya, setelah menjalani tes, Kamis (11/1).

IKUTI TES: Bacagub Jatim, Khofifah Indar Parawansa usai keluar dari Graha Amerta, RSUD dr Soetomo Surabaya, setelah menjalani tes, Kamis (11/1). (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

(sb/bae/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia