Rabu, 17 Jan 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Bocah Kanker Mata Dirujuk ke Surabaya

Dana Bantuan Biaya Operasi Terkumpul

Jumat, 12 Jan 2018 09:53 | editor : Aries Wahyudianto

Mohammad Danil Syaputra dalam gendongan ibunya, sesaat sebelum menyeberang ke Jawa.

Tersenyum : Mohammad Danil Syaputra dalam gendongan ibunya, sesaat sebelum menyeberang ke Jawa. (Dok/Radar Gresik)

Tambak – Kedua orang tua, bocah penderita kanker mata, Moh. Danil Syaputra, 2,5, akhirnya bisa tersenyum. Harapan kesembuhan bagi putranya terbuka lebar, setelah datangnya berbagai bantuan. Salah satunya, tunggakan BPJS telah dilunasi para dermawan, sehingga pengobatan Daniel selanjutnya ditanggung asuransi plat merah itu.

Sebelum kasus sakitnya Daniel ini diketahui, bocah asal desa Sukaoneng ini telah menjalani perawatan medis di RSU dr Soetomo Surabaya. Menggunakan jalur umum sehingga terhenti ditengah jalan setelah tak ada kemampuan untuk pembniayaan.

Kini persoalan pembiyaaan telah teratasi setelah banyak pihak mengetahui dari pemberitaan Radar Bawean. Serta upaya Persatuan Saudagar Bawean (PSB) mengetuk hati satu per satu warga. Kemarin, Rabu (10/1) Danil bersama kedua orangtuanya berlayar menuju Pelabuhan Gresik. Tujuannya melanjutkan proses pengobatan yang lama terhenti. Sebelum menjalani perawatan di RSUD dr. Soetomo Surabaya, pasien dibawah ke RSUD Ibnu Sina Gresik untuk mengurus surat rujukan.

Sahe perwakilan Persatuan Saudagar Bawean (PSB) yang mendampingi pasien mengatakan pasien rencananya akan menjalani perawatan di RSUD dr Soetomo Surabaya.  Ini karena sebelumnya pernah dirawat di RSUD dr Soetomo Surabaya melalui jalur umum, sehubungan orang tuanya tidak mempunyai biaya, akhirnya diputuskan pulang ke Pulau Bawean.

Adapun pemgobatan selanjutnya akan menggunakan BPJS untuk menanggung seluruh biaya selama menjalani perawatan. "Seluruh tunggakan sudah dilunasi semuanya,"katanya.

Sedangkan kesiapan seluruh dokumen untuk dirujuk sudah dipersiapkan semuanya.

Fatah Yasin Sekjen PSB menyatakan pengunpulan dana yang digalang oleh PSB sudah mencatat sebanyak 100 para dermawan yang menyumbang untuk persiapan operasi di Surabaya. “Sungguh luar biasa keperdulian warga Bawean untuk menolong yang membutuhkan,"pungkasnya.(bst/rtn)

(sb/ris/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia