Rabu, 17 Jan 2018
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Antisipasi Kendala Paspor Haji, Kemenag Panggil 19 KBIH

Jumat, 12 Jan 2018 05:40 | editor : Lambertus Hurek

Pengarahan untuk belasan KBIH di Sidoarjo.

Pengarahan untuk belasan KBIH di Sidoarjo. (satria nugraha/radar sidoarjo)

Kementerian Agama (Kemenag) Sidoarjo mengumpulkan 19 Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) di Kota Delta dan dari Surabaya. Para KBIH ini diminta segera mempersiapkan kelengkapan pembuatan paspor haji tahun depan. Hal tersebut untuk mengantisipasi kendala paspor tersebut pada saat jelang keberangkatan.
Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag, Rahmad Nasrukin menjelaskan paspor haji dimintanya segera diurus mulai sekarang. Ini perlu dilakukan lebih dini untuk mengantisipasi adanya persyaratan yang belum dilengkapi oleh calon jamaah. “Karena setiap tahun orangnya baru, jadi kami imbau untuk segera dikerjakan pengurusan paspor calon jamaah haji,” terangnya, Kamis (11/1).
Nasrukin mengatakan pemberitahuan ini lebih cepat dilakukan Kemenag, ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya kesalahan dalam pembuatan paspor. Misalnya, ada salah ejaan nama dan sebagainya. Sedangkan untuk pengurusan paspor ini, Kemenag Sidoarjo diungkapkannya sudah berkoordinasi dengan pihak Kantor Imigrasi.
“Ini sudah awal tahun, jadi kami minta kerja sama dari KBIH dan calon jamaah semuanya yang akan berangkat haji tahun ini," papar Nasrukin.
Ditanya apakaj pada keberangkatan haji tahun 2017 lalu ada kendala, Nasrukin mengatakan tidak. Namun demikian upaya ini dilakukan agar proses keberangkatan haji berjalan lancar. “Jadi kami lakukan langkah antisipasi dengan mensosialisasikan lebih awal," jawabnya.
Sementara itu mengenai dilibatkannya KBIH asal Surabaya, kata dia, karena banyak warga Sidoarjo yang mendaftarkan haji mereka di KBIH Surabaya. Ia berharap KBIH juga segera meneruskan informasi ini kepada para jamaah yang masuk dalam bimbingan KBIH-nya. (sar/jee)

(sb/sar/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia