Rabu, 13 Dec 2017
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Uji Coba Pengaspalan, Jembatan Ratna Dibuka Sementara

Kamis, 07 Dec 2017 16:31 | editor : Wijayanto

TES LALIN: Warga melintas diatas jembatan Ratna saat dilakukan ujicobakan, Rabu (6/12). Usai uji coba, pengerjaan finishing jembatan dilanjutkan.

TES LALIN: Warga melintas diatas jembatan Ratna saat dilakukan ujicobakan, Rabu (6/12). Usai uji coba, pengerjaan finishing jembatan dilanjutkan. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

SURABAYA – Jembatan Ratna di kawasan Ngagel mulai diujicobakan. Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya dan pihak kontraktor jembatan melakukan mekanisme buka tutup terhadap kendaraan yang melintas dari Jalan Ngagel dan Jalan Bengawan.

Pantauan Radar Surabaya, proses buka tutup jembatan itu tidak berlangsung lama. Jembatan yang memiliki panjang 36 meter dan lebar 19,4 meter kembali ditutup setelah dibuka sekitar dua jam, mulai pukul 10.00-12.00 WIB.

Salah satu pekerja Ratno mengatakan, buka tutup jembatan untuk ujicoba pengaspalan yang telah dilakukan. Proses finishing tersebut dibarengi dengan uji coba kendaraan agar bisa melintas di jembatan. “Uji coba cuma sebentar saja,” terangnya.

Memang, jembatan yang digarap menggunakan anggaran corporate social responsibility (CSR) itu telah selesai diaspal. Pengaspalan juga telah dilakukan di sisi tengah jembatan hingga pengaspalan di sisi timur dan barat.

Sementara itu, sejumlah pekerja masih melakukan pengerjaan trotoar jembatan yang dikeramik. Beberapa sisi jembatan juga sedang dibangun hiasan untuk mempercantik jembatan yang ditargetkan diresmikan pada akhir Desembar 2017.

Kepala Dishub Surabaya Irvan Wahyu Drajad menuturkan, uji coba hanya dilakukan sebentar karena rambu-rambu lalu lintas belum lengkap. Setelah pengerjaan jembatan tuntas, maka pihaknya akan berkoordinasi untuk memasang rambu-rambu lalu lintas yang dibutuhkan. “Jika tidak ada rambu bisa bahaya,” ujarnya.

Selain itu, akses penerangan jalan juga dibutuhkan untuk arus kendaraan pada malam hari. Penunjuk jalan mulai Jalan Ngagel dan Jalan Bengawan juga akan diberikan agar pengguna jalan bisa memanfaatkan jembatan Ratna dengan baik. (vga/nur)

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia