Rabu, 13 Dec 2017
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

PKB Jajaki Dukungan PKS di Pilgub Jatim 2018

Kamis, 07 Dec 2017 16:25 | editor : Wijayanto

PKB Jajaki Dukungan PKS di Pilgub Jatim 2018

SURABAYA-Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar mengaku terus berkomunikasi dengan DPW PKS terkait Pilgub Jatim 2018. Namun kemana langkah dukungan PKS, dirinya belum mengetahuinya.

“Ya memang kami terus melakukan komunikasi dengan PKS. Masih intens melakukan komunikasi,” ujar Halim saat ditemui di gedung DPRD Jatim, Rabu (6/12).

Kendati demikian, pria yang menjabat sebagai Ketua DPRD Jatim tersebut mengatakan, belum ada kepastian kemana partai pimpinan Sohibul Iman tersebut akan berlabuh di Pilgub Jatim. “Pastinya kami terus melakukan komunikasi,” ungkapnya.

Terpisah, terkait Pilkada Jatim 2018 hingga saat ini baru empat daerah yang telah mendapat rekomendasi dari PKS. Diantaranya Nyono Suharli Wihandoko sebagai cabup Jombang, lalu Badrut Tamam sebagai cabup Pamekasan. Kemudian Rofik sebagai cabup Lumajang, dan Mochamad Anton sebagai cawali Malang. Sedangkan Pilgub, PKS belum memutuskan akan menjatuhkan dukungannya kepada siapa.

Ketua PKS Jatim Arif Hari Setiawan mengatakan, mengenai keputusan di Pilgub Jatim ada ditangan DPP. DPW menunggu keputusan dari pengurus pusat. Meski begitu, secara pastinya partainya tetap akan berpedoman kepada ulama. "Kita bukan hanya ingin kemenangan. Tetapi kemenangan yang barokah, membawa maslahat bagi rakyat," kata Arif.

Diketahui, PKS bersama PAN dan Partai Gerindra terus melakukan komunikasi sebelumnya untuk mengusung poros baru di luar pasangan calon Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas dan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak. Namun belakangan ini koalisi tersebut tampaknya pupus ditengah jalan. Setelah Emil yang juga Bupati Trenggalek digandeng menteri sosial, PAN pun melalui Bendahara DPW Agus Maimun menyetakan pilihan partainya tinggal ke dua poros yang sudah ada.

Sementara itu setelah ditetapkannya ketua Fatayat NU Jatim Hikmah Bafaqih sebagai ketua tim pemenangan pasangan Gus Ipul-Azwar Anas. DPW PKB Jatim pun menargetkan dalam dua hingga tiga minggu kedepan semua tim pemenangan dari partai koalisi ditingkat kabupaten/kota sudah terbentuk.

“Di daerah nanti sangat fleksibel. Kalau di Jatim kebetulan saja Hikmah masuk struktur partai dan Untari juga ada di dalam struktur partai. Tapi di daerah bisa saja tidak dari struktur partai,” kata Halim.

Dengan selesainya pembentukan tim pemenangan hinga tingkat kabupaten/kota sebelum pendaftaran ke KPU Januari, diharapkan relawan semuanya sudah bisa terkondisikan. Diakui oleh Halim, hingga saat ini setidaknya sudah ada 280 ribu kader yang sudah terdaftar relawan pemenangan Gus Ipul-Anas. Jumlah tersebut dari PDI Perjuangan dan PKB.

“Semua juru kampanye nasional diharapkan turun. Pokoknya semua yang potensial, kami minta turun,” tegas Halim. (bae/nur)

(sb/bae/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia