Senin, 11 Dec 2017
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Sidoarjo

Operasi Cipta Kondisi, 87 Pengendara Ditilang

Kamis, 07 Dec 2017 08:50 | editor : Lambertus Hurek

BELAJAR TERTIB: Sejumlah pengendara sepeda motor ditilang di Jalan Pahlawan, Sidoarjo, Rabu (6/12).

BELAJAR TERTIB: Sejumlah pengendara sepeda motor ditilang di Jalan Pahlawan, Sidoarjo, Rabu (6/12). (Guntur Irianto/Radar Sidoarjo)

Selepas Operasi Zebra Semeru, polisi kembali mengadakan Operasi Cipta Kondisi (Cipkon). Satlantas Polresta Sidoarjo. ingin menciptakan suasana aman dan kondusif di jalan raya. Operasi dilakukan di kawasan tertib lalu lintas (KTL) di Kota Delta.

Sedikitnya 87 pengendara roda dua ditilang karena surat-surat yang tidak lengkap. Ada juga yang belum membayar pajak. Wakasatlantas Polresta Sidoarjo AKP I Gusti Made Merta mengatakan, penertiban difokuskan pada pengendara roda dua yang melakukan pelanggaran berpotensi kecelakaan. Salah satunya kelengkapan surat-surat berkendara.

"Masih banyak pengendara yang tidak memiliki atau membawa surat izin mengemudi (SIM). Ini tidak boleh dibiarkan," kata Gusti Made, Rabu (6/12).

Operasi ini terus dilakukan hingga akhir tahun. Tujuannya agar pengendara bisa tertib berlalu lintas, khususnya saat liburan nanti. Ujung-ujungnya bisa mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

Selain penindakan, polisi namun juga melakukan sosialisasi bahaya bagi pengendara yang melanggar peraturan lalu lintas. "Jadi, tidak hanya ditilang. Pengendara juga diberi pengertian agar tidak mengulanginya lagi," katanya.

 Operasi Cipta Kondisi juga digelar di polsek jajaran. Kapolsek Candi Kompol Kusminto bersama stafnya mendatangi sejumlah desa di wilayah Kecamatan Candi. Salah satunya di Desa Kalipecabean. Kompol Kusminto mengimbau perangkat desa untuk bersama-sama menciptakan suasana kondusif menjelang pilkades dan pilkada serentak tahun depan.

"Kita ingin membangun kemitraan antara pemerintah, TNI, Polri, dan masyarakat untuk menjaga NKRI," katanya. (gun/rek)

(sb/gun/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia