Minggu, 17 Dec 2017
radarsurabaya
icon featured
Sportainment Sidoarjo

Sidoarjo Target Juara Umum Kejurprov Silat

Kamis, 07 Dec 2017 07:10 | editor : Lambertus Hurek

Ratusan atlet pencak silat mengikuti upacara pembukaan kejurprov di GOR Sidoarjo.

Ratusan atlet pencak silat mengikuti upacara pembukaan kejurprov di GOR Sidoarjo. (DOK)

Sebanyak 756 atlet pencak silat mengikuti kejuaraan provinsi (kejurprov) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Piala Gubernur Jawa Timur di GOR Sidoarjo. Kontingen dari 37 kabupaten/kota di Jawa Timur ini mengikuti pertandingan selama lima hari.

Ketua IPSI Jatim Pratomo mengatakan, kejurprov kali ini paling banyak pesertanya. Hanya Kabupaten Pacitan yang tidak mengirim atletnya. "Kami berharap kejurprov ini bisa mencetak atlet pencak silat berprestasi," katanya.

Juara kelas remaja bakal direkrut ke Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) di Padepokan Penanggungan, Mojokerto. Mereka yang lolos bakal difasilitasi sekolah, makan, uang saku dan tempat tidurnya. 

IPSI juga menyediakan pelatih, padepokan, serta sarana dan prasarana. "Untuk remaja senior atau 17 tahun ke atas akan dijadikan atlet pelapis dari senior yang ikut SEA Games dan seleknas di Jakarta. Mereka juga dipersiapkan untuk PON 2020," jelasnya.

Ketua IPSI Sidoarjo M Bahrul Amiq menargetkan, Kabupaten Sidoarjo menjadi juara umum kejurprov ini. Maklum, Sidoarjo menjadi tuan rumah. Persiapan atlet-atlet Sidoarjo pun cukup bagus. "Semua kelas kita ikuti. Maka, targetnya dapat medali sebanyak-banyaknya. Tuan rumah harus punya spirit ganda," paparnya.

Ketua KONI Sidoarjo M Franki Efendi meminta para atlet dan ofisial untuk bertanding dengan sportif. Tuan rumah Sidoarjo pun harus sportif meski punya target juara umum. "Kalau atlet Sidoarjo kalah, ya harus diberi ekstra pelatihan. Kalau juara umum, ya harus dipertahankan," katanya. (mus/rek)

(sb/rek/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia