Rabu, 13 Dec 2017
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Sidoarjo

Hakim Kabulkan Gugatan Praperadilan Kasus PG Kremboong

Rabu, 06 Dec 2017 08:30 | editor : Lambertus Hurek

Akhirnya manajer PG Kremboong Dadang bebas.

Akhirnya manajer PG Kremboong Dadang bebas. (satria nugraha/radar sidoarjo)

Manajer Keuangan PG Kremboong Dadang Retyo Karnoto dan Ketua Asosiasi Petani Tebu Rakyat (APTR) PG Krembung, Mohammad Suyono akhirnya dibebaskan. Keduanya sekitar pukul 18.30, Selasa (5/12), keluar dari Lapas Klas IIA Sidoarjo atau biasa disebut Lapas Delta.

Pembebasan ini setelah sidang di Pengadilan Negeri (PN) Sidoarjo, Senin (4/12) lalu, hakim mengabulkan gugatan praperadilan keduanya. Sebelumnya Kejari Sidoarjo menetapkan keduanya sebagai tersangka dalam dugaan kasus pungutan liar (pungli) di PG Kremboong senilai Rp 1,6 miliar. Sedangkan dalam putusan sidang praperadilan, hakim tunggal Eko Supriyono mengabulkan gugatan keduanya tentang status tersangka dan penahanan yang dilakukan.

“Mereka dibebaskan karena kami telah menerima salinan putusan menang dalam praperadilan dari PN dan Kejari Sidoarjo,” jelas Kasubsi Registrasi Lapas Delta, Rangga Kusuma.

Dari pantauan Radar Sidoarjo, pihak keluarga sudah menunggu Dadang Retyo Karnoto dan Mohammad Suyono keluar dari Lapas sejak sore. Namun pihak lapas baru membebaskan keduanya sekitar pukul 18.30. 

Tim kuasa hukum pemohon, Arif Fatoni menyatakan pihaknya menghormati semua keputusan praperadilan. “Kami berharap semua pihak juga memenuhi apa yang sudah menjadi putusan peradilan. Kami juga berharap agar hak para pemohon juga dipenuhi oleh termohon,” katanya.

Sementara itu Kasi Intel Kejari Sidoarjo Idham Kholid mengatakan pihaknya akan melakukan apa yang diputuskan hakim praperadilan. “Kita pelajari dulu putusannya seperti apa. Kami akan baca dulu secara seksama. Setelah itu baru bisa menentukan sikap,” ungkapnya. (mus/jee) 

(sb/rek/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia