Minggu, 17 Dec 2017
radarsurabaya
icon featured
Events Sidoarjo

2,2 Kilometer Afvoer Gambiranom Buduran Dibersihkan

Minggu, 03 Dec 2017 20:19 | editor : Lambertus Hurek

Bersih-bersih sungai di Banjarsari Buduran.

Bersih-bersih sungai di Banjarsari Buduran.

Ratusan masyarakat kembali nyemplung ke sungai dalam roadshow Sidoarjo Peduli Sungai (SPS), Sabtu (2/12). Kali ini di Kecamatan Buduran. Masyarakat yang dibagi dalam 22 gugus bergotong royong membersihkan afvoer Gambiranom sepanjang 2 kilometer atau 2.250 meter.

Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sigit Setyawan kembali ikut turun. Mereka membaur bersama Gupusjad, Gudmazi, karang taruna, Polsek Buduran, Koramil Buduran, dan tim zero waste academy, membersihkan sampah di sungai.

Sebelum turun bersih-bersih, seluruh relawan dan jajaran Pemkab melakukan senam aerobik. Setelah itu, sambil membawa alat pengeruk, mereka mulai menyusuri dan mengangkat sedimen di sungai. "Ada lumpur, rumput, dan sampah, ini harus segera diangkat agar tidak menghambat aliran air,” ujar Nur Ahmad Syaifuddin.

Menurut pria yang akrab disapa Cak Nur ini, target kegiatan SPS bukan hanya menciptakan sungai yang bersih dari sampah. Selain itu, pihaknya ingin menyebarkan virus positif untuk menjaga lingkungan, terutama kebersihan sungai.

“Kalau sungai sudah bersih, warga yang akan buang sampah di situ pasti malu," katanya.

Sigit Setyawan pun berpendapat demikian. Banjir yang terjadi di Sidoarjo saat ini salah satunya disebabkan penuhnya sungai dengan tumpukan sampah. Jika pemerintah dan masyarakat bisa bersama-sama peduli sungai, bencana banjir bisa dihindari. "Sebagus apapun teknologi jika tidak diimbangi dengan kepedulian masyarakat, tidak akan berhasil," ungkapnya. (nis/jee)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia