Jumat, 15 Dec 2017
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

Gerindra Belum Tentukan Sikap, Prabowo Subianto akan Datangi Surabaya

Sabtu, 02 Dec 2017 20:30 | editor : Abdul Rozack

Ilustrasi Prabowo Subianto dan Gerindra di Pilgub Jatim 2018

Ilustrasi Prabowo Subianto dan Gerindra di Pilgub Jatim 2018 (net)

SURABAYA - Kemana langkah Partai Gerindra di Pilgub Jatim terus dinanti. Dengan 13 kursi di DPRD Jatim, partai berlambang kepala burung garuda tersebut bisa memimpin koalisi.

Sebelumnya Partai Gerindra dikabarkan bakal memimpin koalisi poros baru dengan PAN dan PKS. Tetapi tampaknya rencana tersebut terancam gagal terwujud. Ini setelah PAN sebagai pemilik 7 kursi di DPRD Jatim menyatakan mulai meninggalkan poros baru. 

Sedangkan kemana arah pasti Partai Gerindra? Nampaknya bakal terjawab pada Minggu (3/12). Sebab Ketua Umum Partai Gerindra Jatim Prabowo Subianto dijadwalkan datang ke Surabaya. "Beliau datang dalam rangka roadshow kepentingan partai ke provinsi yang gelar pilkada. Beliau juga datang ke Jabar dan Jateng untuk menyolidkan kader dibawah," ujar Sekertaris DPD Partai Gerindra Jatim Anwar Sadad, Jumat (1/12). 

Didesak secara rinci apakah nantinya kedatangan Prabowo juga menetapkan langkah Partai Gerindra di Pilgub Jatim. Anggota DPRD Jatim tersebut tidak secara rinci membuka rangkaian agenda ketua umum Partai Gerindra itu. Dia mengungkapkan bahwa yang mengatur agenda bukanlah DPD, melainkan DPP. 

"Bola ditangan DPP. Apapaun itu, keputuan kami akan jalankan dengan loyal. Seperti rakor di Jabar DPP undang kandidat untuk sampaikan pemaparaan," ungkapnya. 

Namun, Sadad belum bisa memastikan apakah kondisi di Jabar dengan mendatangkan salah satu figur untuk melakukan pemaparan kepada kader. Juga akan terjadi saat ke Jatim. 

"Di Jatim DPD belum tahu nanti siapa yang diundang untuk memaparkan ke kader. Itu kewenangan DPP," tuturnya.

Sementara itu, Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Jawa Timur meminta umat muslim di Jawa Timur tidak salah dalam memilih pemimpin di pilgub Jatim 2018. Mengisi jawaban dan tantangan di Jatim ke depan. Pihaknya meminta kepada pemilih, khususnya umat muslim di Jatim benar-benar memilih gubernur yang religius, amanah, kapabel, serta berwawasan nasional global.

"Kami mengimbau seluruh komponen Islam di Jawa Timur ikut terlibat aktif dalam dinamika keumatan untuk membangun kekuatan politik yang bermartabat," kata Ketua IKADI Jatim Muhammad Sholeh didampingi ustad Baihaqi.

Dia menyampaikan di Pilgub Jatim, Ikadi selalu berupaya bersama umat, untuk menjadi rujukan sikap umat dalam bingkai keharmonisan negara dalam bingkai NKRI. 

Didesak, apakah Ikadi juga melakukan pendekatan dengan bacagub/bacawagub Jatim. "Komunikasi dengan semua calon gubernur/bacawagub Jatim. Tetapi Ikadi bersama umat menjaga keharmonisan negara dalam bingkai NKRI. Dan Ikadi mengingatkan umat muslim memilih pemimpin yang religius, amanah, kapabel, serta berwawasan nasional global," pungkasnya. (bae/rud)

(sb/bae/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia