Sabtu, 16 Dec 2017
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Pembebasan Lahan FR Butuh Rp 84 Miliar

Jumat, 24 Nov 2017 16:42 | editor : Lambertus Hurek

Salah satu ruas jalan yang akan dibangun FR.

Salah satu ruas jalan yang akan dibangun FR. (satria nugraha/radar sidoarjo)

Pemkab Sidoarjo akan mengebut pembangunan Frontage Road (FR) tahun depan. Anggaran besar pun sudah disiapkan untuk mendukung pembangunan jalan pendamping sepanjang 9,2 kilometer dari Waru sampai Buduran itu. Totalnya mencapai Rp 84 miliar yang akan digunakan untuk pembebasan lahan di enam desa.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengungkapkan progress pembangunan FR tahun depan harus banyak meningkat. Ia menyatakan lahan yang dibutuhkan untuk FR itu harus sudah dibebaskan. "Kami fokus membangun FR tahun depan," ujarnya.

Bupati yang akrab disapa Abah Ipul ini menjelaskan awalnya anggaran yang disiapkan Rp 45 miliar. Anggaran tersebut adalah hadiah pemerintah pusat karena Sidoarjo dinilai mampu mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) empat kali berturut-turut. 

Namun, setelah dihitung anggarannya belum cukup karena targetnya tahun depan seluruh lahan FR bisa dibebaskan. Melihat kekurangan tersebut, pemkab lantas menggelar rapat. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) diminta untuk memaparkan kebutuhan anggarannya yang nilainya ternyata Rp 84 miliar.

“Akhirnya diputuskan untuk menambah dana FR menjadi Rp 84 miliar," kata Ketua DPC PKB Sidoarjo ini. Dengan tambahan anggaran itu, dia berharap seluruh kebutuhan lahan FR tercukupi. Kepala Dinas PUPR Sigit Setyawan menjelaskan anggaran Rp 84 miliar itu merupakan perhitungan kasar. Anggaran itu untuk membebaskan lahan enam desa, yakni Desa Waru, Kedungrejo, Gedangan, Tebel, Banjarkemantren serta Buduran. “Dua desa lainnya, Sawotratap dan Sruni sudah dibebaskan hingga akhir tahun ini,” tuturnya.

Dengan adanya tambahan anggaran itu, Sigit mengaku pembebasan lahan enam desa itu bakal berjalan dengan cepat. Sebab pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Kantor Pertanahan Sidoarjo untuk melihat batas-batas tanah. (nis/jee)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia