Minggu, 17 Dec 2017
radarsurabaya
icon featured
Events Sidoarjo

Giliran Bersih-Bersih Sungai di Sekardangan

Jumat, 24 Nov 2017 08:05 | editor : Lambertus Hurek

Bupati Saiful Ilah (kanan) memimpin langsung kegiatan bersih-bersih sungai.

Bupati Saiful Ilah (kanan) memimpin langsung kegiatan bersih-bersih sungai. (Satria Nugraha/Radar Sidoarjo)

Kegiatan bersih-bersih sampah bertajuk Sidoarjo Peduli Sungai (SPS) dilanjutkan besok. Kali ini giliran Kecamatan Sidoarjo yang menjadi lokasi kerja bakti masal. Tepatnya di Kelurahan Sekardangan.

Kepala Bidang Bina Manfaat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sidoarjo Bambang Tjatur mengatakan, sungai yang dibersihkan besok adalah Afvoer Sekardangan. Saluran tersebut dipilih karena banyaknya sampah yang menyumbat aliran air. "Kalau afvoer ini penuh sampah, ketika hujan tiba, wilayah tengah kota langsung terdampak genangan," ujarnya kemarin.

Sekitar 600 orang dijadwalkan turun ke kali. Mulai dari anggota Kodim 0816, siswa SMAN 3 Sidoarjo, siswa SMA Muhammadiyah, relawan BPBD, relawan Dinas PUPR, dan relawan DLHK. Bersama Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dan jajaran forkopimda, ratusan relawan tersebut akan bergotong royong membersihkan Afvoer Sekardangan sepanjang 500-700 meter itu. 

Meski tidak terlalu panjang, pembersihan sampah di sungai itu berdampak besar bagi lingkungan sekitarnya. Sebab, volume air yang tertampung menjadi lebih banyak. "Sehingga air tidak meluber dan menggenangi jalan," pungkasnya. (nis/rek)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia