Minggu, 17 Dec 2017
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Sidoarjo

Penting Banget Makan Sayur Setiap Hari

Kamis, 23 Nov 2017 17:11 | editor : Lambertus Hurek

Penting Banget Makan Sayur Setiap Hari

Oleh Rina Yuniati, S.Gz.

 

Peningkatan konsumsi sayur dan buah menuju masyarakat hidup sehat perlu ditingkatkan. Konsumsi sayur serta buah-buahan yang belum memadai berpengaruh terhadap suplai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Sejak November 2016 telah dicanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di mana salah satunya adalah konsumsi sayur dan buah setiap hari minimal lima porsi.

Makan sayur dan buah sangatlah penting, karena mengandung serat yang tinggi, vitamin dan mineral yang mengatur metabolisme energi, pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh. Konsumsi sayur dan buah sejak kecil dapat membuat anak mencerna makanan dengan optimal. Sayur dan buah mengandung vitamin dan mineral yang tidak diproduksi oleh tubuh, sehingga penting bagi kita mengonsumsi dalam jumlah yang cukup.

Sayuran dan buah merupakan musuh terbesar bagi anak-anak. Sering kali orang tua mengalami kesulitan untuk memberikan asupan yang bergizi bagi anak-anak mereka. Usia 3--6 tahun adalah masa anak-anak sedang bertumbuh dan berkembang serta otak mulai menyerap apa yang dilihat oleh anak.

Anak-anak yang kekurangan konsumsi sayur dan buah sejak kecil menyebabkan terjadinya konstipasi atau sembelit akibat kekurangan serat. Sayuran dan buah mengandung serat yang tinggi, yang dapat membantu mengurangi risiko konstipasi, mengurangi risiko penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, obesitas dan beberapa jenis kanker .

Sehingga perlu ditekankan kepada orang tua untuk memberikan asupan sayur dan buah dengan cara pemberian makan (feeding style) yang tepat. Pemberian makanan yang salah akan menyebabkan anak malah menjauhi sayur dan buah. Memperkenalkan sayur dan buah sebagai makanan sehat yang harus dikonsumsi perlu pendekatan yang maksimal dari para orang tua.

Sayur dan buah-buahan merupakan salah satu bagian penting dalam mewujudkan gizi seimbang. Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber berbagai vitamin, mineral, serat pangan. Sebagian vitamin, mineral yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan berperan sebagai antioksidan atau penangkal senyawa jahat dalam tubuh. Berbeda dengan sayuran buah-buah menyediakan karbohidrat terutama nerupa fruktosa dan glukosa. Berbagai kajian menunjukkan bahwa konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup turut berperan menjaga kenormalan tekanan darah, kadar gula dan kolesterol darah. Konsumsi sayur dan buah yang cukup juga menurunkan risiko sulit buang air besar (BAB/sembelit) dan kegemukan.

Meskipun kebutuhan vitamin dan mineral relatif kecil, fungsi vitamin dan mineral tidak dapat digantikan pangan lain. Apabila konsumsi vitamin dan mineral tidak memenuhi kecukupan, maka tubuh akan mengalami defisiensi vitamin dan mineral yang dapat mengakibatkan berkurangnya daya tahan tubuh.Vitamin pada umumnya tidak dapat dibentuk oleh tubuh. Karena itu, vitamin harus disuplai dari luar tubuh terutama dari sayur dan buah.

Bagaimana dengan takarannya?

Untuk balita dan anak usia sekolah dianjurkan untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan 300-400 gram per hari, sedangkan bagi remaja dan orang dewasa sebanyak 400-600 gram setiap hari. Sekitar dua pertiga dari jumlah anjuran konsumsi tersebut adalah porsi sayur. (*)

(sb/rek/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia