Sabtu, 25 Nov 2017
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Tukang Kirim Air “Kepincut” Gulungan Kabel

Rabu, 15 Nov 2017 02:11 | editor : Abdul Rozack

KIRIM AIR PULANG BAWA KABEL: Jupri (tengah) tidak kuasa membawa gulungan kabel yang berat dan panjang setelah dicuri dari PT Dumas Shipyard.

KIRIM AIR PULANG BAWA KABEL: Jupri (tengah) tidak kuasa membawa gulungan kabel yang berat dan panjang setelah dicuri dari PT Dumas Shipyard. (istimewa)

SURABAYA-Rutinitas yang dilakukan Jupri, 27, cukup unik. Selain rutinitas mengirimkan air di perusahan di Jalan Nilam Barat nomor 12, dia juga mengincar kabel yang ada di perusahaan galangan kapal, PT Dumas Shipyard. 

Tapi aksinya tidak bisa dilakukan sendiri. Warga Jalan Indrapura Jaya 247, Perak Timur, Pabean Cantikan itu mengajak temannya untuk menyusun strategi pencurian. Apesnya, dia belum sempat menjual kabel tersebut, Jupri sudah keburu ditangkap Polres Pelabuhan Tanjung Perak. 

Padahal pencurian kabel itu sudah lama direncanakan Jupri. Kebetulan tersangka bekerja mengirimkan air tanki ke perusahaan tersebut. Sepanjang pengiriman barang itulah dia selalu melirik kabel-kabel yang tergeletak di perusahaan galangan kapal tersebut. 

Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak, AKP Ardian Satrio Utomo menjelaskan penangkapan Jupri dilakukan Selasa dini hari (14/11). Dia ditangkap dalam hitungan jam setelah beraksinya Senin sore. 

Dia ditangkap di rumahnya setelah terbukti mencuri satu rol kabel milik PT Dumas Shipyard. “Senin malam kami mendapat laporan, kemudian Selasa dini hari kami menangkap tersangka,” ungkap AKP Ardian kemarin. 

Ardian menambahkan dengan mengetahui posisi kabel memudahkan Jupri untuk menyusun strategi. Pada saat pengiriman terakhir itulah Jupri sengaja tidak kembali, karena sudah berencana mencuri kabel. Bahkan sejumlah peralatan mulai dari gergaji besi hingga cutter telah ia persiapkan.

“Kebetulan kondisi perusahaan pada malam hari memang sepi. Kesempatan itulah yang digunakan tersangka untuk beraksi. Dia memotong kabel sepanjang 20 meter kemudian digulung,” terangnya. Selanjutnya dia menyewa ojek untuk membawa kabel curian itu. 

Tetapi aksi tersebut diketahui sekuriti perusahaan dan melaporkannya ke polisi. Mendapatkan laporan tersebut, polisi bergerak cepat dengan menangkap Jupri di rumahnya. Pelaku mengaku baru sekali mencuri. Tetapi polisi terus melakukan pengembangan guna menguak aksi yang dilakukan tersangka. Sebab Jupri adalah kenek truk tanki, dan diduga sopir tanki turut terlibat. (yua/rif)

(sb/yua/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia