Selasa, 21 Nov 2017
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Perbaikan Sekolah Pinggiran Sidoarjo Jadi Prioritas

Selasa, 14 Nov 2017 15:48 | editor : Lambertus Hurek

Kompleks SDN Gebang 2 di Dusun Pucukan Gebang Sidoarjo.

Kompleks SDN Gebang 2 di Dusun Pucukan Gebang Sidoarjo. (DOK JAWA POS)

Sekolah pinggiran menjadi sasaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) dalam perbaikan gedung hingga penambahan ruang kelas baru di tahun 2018 mendatang. Di antaranya, sekolah di kawasan Kepetingan (Buduran), Kupang (Jabon), Kedungpeluk (Candi) dan Gebang (Sidoarjo) menjadi sejumlah sekolah yang masuk prioritas. 

Kepala Dikbud Sidoarjo Mustain mengatakan, perbaikan tersebut sebagai penunjang fasilitas pendidikan di kawasan pelosok. Tetapi sekolah di pinggiran ini masuk dalam rencana pengembangan jangka panjang. “Kami ingin di sekolah pinggiran memiliki fasilitas yang tidak kalah dengan sekolah lainnya,” terangnya. 

Dia mengakui, jumlah siswa sekolah pinggiran memang masih minim. Namun, Dikbud tetap memprioritaskan sekolah pinggiran agar layak ditempati. Ruang kelas baru yang saat ini masih butuh perbaikan perlu mendapatkan tambahan fasilitas. “Intinya masih kita tingkatkan untuk pengembangan,” ujarnya. 

Anggota Komisi D DPRD Sidoarjo Mahmud menegaskan Dikbud harus segera melakukan perbaikan di semua sekolah yang butuh perbaikan. Ia menandaskan sekolah pelosok tidak boleh di anaktirikan dalam pelayanan pendidikan. “Semua berhak mendapatkan fasilitas yang layak,” terangnya. 

Politisi PAN ini menyatakan Komisi D akan melakukan kontrol terhadap kondisi sekolah yang tidak layak. Sehingga, pada 2018 perbaikan sekolah dilakukan dengan cepat. “Jika nantinya ada tambahan anggaran, kita akan setujui,” pungkasnya. (vga/jee) 

(sb/vga/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia