Selasa, 21 Nov 2017
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Inginkan RPH Modern Segera Direalisaikan di Sidoarjo

Selasa, 14 Nov 2017 15:43 | editor : Lambertus Hurek

RPH di Krian yang sudah mulai digunakan.

RPH di Krian yang sudah mulai digunakan. (DOK JAWA POS)

Realisasi Rumah Potong Hewan (RPH) modern diharapkan segera terealisasi pada 2018. RPH yang saat ini ada di Sidoarjo dinilai kurang layak. Selain itu, dengan RPH modern, hal tersebut diharapkan menjadi solusi adanya RPH liar di Sidoarjo. 

Ketua Fraksi Demokrat DPRD Sidoarjo Juanasari mengatakan RPH modern perlu segera direalisasikan. Alasannya adanya RPH liar di beberapa kawasan Sidoarjo sangat meresahkan. Hal tersebut mengganggu lingkungan sekitar dan membuat masyarakat cemas.  “Kita ingin Dinas Pangan dan Pertanian segera bisa buar RPH modern,” katanya.

Dia mengungkapkan, dengan fasilitas yang modern di dalam RPH maka keberadaan RPH liar akan tereliminasi secara alami. Pemotongan hewan akan terfasilitasi dengan cepat dan aman di dalam RPH yang menyediakan fasilitas lengkap.  “Tidak kumuh dan menjadi fasilitas yang bisa menampung semua hewan untuk dipotong,” imbuhnya. 

Politisi asal Waru ini mengaku, kondisi RPH di Krian saat ini dinilai juga kurang bagus. Selain kumuh, limbah RPH juga tidak dibuang dengan baik. Kondisi tersebut membuat polusi di lingkungan sekitar dan mengganggu masyarakat. 

Hal yang sama disampaikan oleh Ketua Fraksi PDI Perjuangan Tarkit Erdianto. Dikatakan, RPH modern harus terwujud sebagai upaya Pemkab Sidoarjo mengubah image kumuh di RPH. Sehingga, masyarakat tidak waswas dengan kondisi kesehatan hewan maupun daging usai disembelih. “Hal itu yang harus diperhatikan dan jangan asal potong,” ujarnya. (vga/jee) 

(sb/vga/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia