Jumat, 24 Nov 2017
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Hadapi Musim Hujan, Kapasitas Rumah Pompa Ditingkatkan

Selasa, 14 Nov 2017 15:17 | editor : Wijayanto

TERGENANG: Kondisi jalan protokol di Kota Surabaya setelah hujan turun deras.

TERGENANG: Kondisi jalan protokol di Kota Surabaya setelah hujan turun deras. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

SURABAYA - Jelang musim hujan tiba, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus memaksimalkan guna mengantisipasi banjir. Salah satu langkah pemkot untuk mengantisipasi banjir di Kota Surabaya yakni dengan menambah kapasitas rumah pompa.

Artinya rumah pompa ini bukanlah ditambah atau dibangun lagi. Tetapi yang dimaksud ditingkatkan kapasitasnya yakni tarikan air di rumah pompa tersebut. Seperti halnya rumah pompa yang ada di kawasan Kalisari.

"Ya kalau di Kalisari ini awalnya tarikan itu 1,5 meter kubik per detik. Sedangkan sekarang sudah ditingkatkan dua kali lipat menjadi 3 meter kubik per detik," ujar Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Menurut Risma, penambahan kapasitas rumah pompa di Kalisari ini sangatlah penting. Risma mengungkapkan di kawasan Mulyorsari sering kali terjadi genangan air yang lama surutnya. Oleh karena itu, pemkot sudah sering melakukan pengerukan di sungai sekitar kawasan Mulyosari dan menambah tarikan pompa air.

"Tapi gimana lagi, yang jelas kita sudah lebih siap. Namun kalau soal cuaca, itu nanti kita serahkan pada alam," ucap Wali Kota perempuan pertama di Kota Surabaya ini.

Selain menambah kapasitas tarikan rumah pompa Kalisari, pemkot menambah kapasitas tarikan air rumah pompa Greges. Sama halnya di Rumah Pompa Kalisari, di Rumah Pompa Greges pun kapasitas tarikannya ditambah dua kali lipat dari 1,5 meter kubik per detik menjadi 3 meter kubik per detik.,

"Kalau di Greges kita ini menahan tampungan air sungai dan air hujan. Kalau di laut kita pakai tanggul laut yang dipakai untuk menahan air lalu ditarik menggunakan pompa," jelasnya.

Pemkot Surabaya mulai mengerjakan fisik Rumah Pompa Kandangan Baru tahun ini. Menurutnya Rumah Pompa ini juga bisa menjadi solusi genangan air di kawasan Surabaya Barat nantinya. (jar/no)

(sb/jar/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia