Kamis, 23 Nov 2017
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Penyaluran Kredit Melambat di Akhir Tahun

Selasa, 14 Nov 2017 13:25 | editor : Aries Wahyudianto

Penyaluran kredit bank Buku III cenderung turun pada akhir tahun.

MELAMBAT : Penyaluran kredit bank Buku III cenderung turun pada akhir tahun. (YUDHI/RADAR GRESIK)

KOTA - Penyaluran kredit oleh sejumlah bank Buku III di Gresik cenderung melambat. Kondisi ini merupakan siklus tahunan menjelang tutup tahun.

Kepala Cabang Bank Bukopin Gresik, Wiwiek Kismijati menyebutkan, total kredit selama Oktober lalu di bawah Rp 5 miliar. Angka itu jauh menurun dibandingkan bulan-bulan sebelumnya yang mencapai Rp 7 miliar sampai Rp 10 miliar perbulan.

“Mayoritas menjelang akhir tahun memang perbankan berusaha menjaga angka Non Performance Low (NPL),” ujar Wiwiek Kismijati.

Dikatakan, pihaknya berupaya menjaga NPL di bawah ketentuan maksimal Otoritas Jasa Keuangan. “Kami bisa menjaga NPL dengan pola pendekatan layanan yang berbeda dan berbagai inovasi. Kami mempunyai treatment tersendiri dalam menghadapi nasabah yang kreditnya macet,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Branch Manager BTPN Gresik, Fredy Andriyamin. Menurutnya, penyaluran kredit bank BTPN menjelang akhir tahun mulai melambat. “Penyebabnya ada dua kemungkinan yaitu, nasabah mulai menarik kredit atau permintaan kredit baru menjelang akhir tahun ini cenderung sepi peminat,” ujarnya.

Diakuinya, saat ini jumlah kredit macet (NPL) BTPN Gresik cukup tinggi yakni 2,5 persen. Kendati demikian dia optimis, target pendapatan yang diterapkan pada tahun ini bisa tercapai.

“Tahun ini kami targetkan penyaluran kredit hingga Rp 170 miliar. Sedangkan hingga saat ini kami sudah mampu merealisasikan sebesar Rp 100 miliar,”tandasnya. (fir/ris)

(sb/fir/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia