Selasa, 21 Nov 2017
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Gresik

Jelang UNKB, 52 SMA Gelar SImulasi

Selasa, 14 Nov 2017 12:51 | editor : Aries Wahyudianto

Siswa-siswi di SMA di Kabupaten Gresik gelar simulasi UNBK sebelum Ujian.

SIMULASI : Siswa-siswi di SMA di Kabupaten Gresik gelar simulasi UNBK sebelum Ujian. (YUDHI/RADAR GRESIK)

Menjelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), puluhan sekolah SMA di Kabupaten Gresik menggelar simulasi. Ini dilakukan untuk memastikan seluruh perangkat dan siswa siap untuk melakukan UNBK. Simulasi rencananya bakal digelar hingga Rabu mendatang.

“Karena setiap jurusan, siswa memilih satu mapel yang diujikan dan itu disebut mapel, dan ditambah dengan 3 mata pelajaran pokok,tyakni bahasa Inggris, matematika dan bahasa Indonesia,” sebut Waka Kurikulum SMAN 1 Kebomas M. Muslich.

Saat ditemui di sekolahnya, para siswa sedang melakukan simulasi UNBK terbagi menjadi 3 sesi. Pertama, dilakukan pukul 07:45  hingga berakhir di sesi tiga pada pukul 15.00 WIB. Simulasi kali ini, dua mata pelajaran dijadikan satu. Sehingga lebih efektif untuk simulasi secara teknis dan pelajaran. “Simulasi sekarang sistemnya juga lebih bagus, tingkat keamanan soal juga sangat terjaga. Semoga tidak ada kendala eror, ketika melaksanakan besok,” terang dia.

Di tempat lain, Kepala SMAN 1 Menganti M. Fadloli mengatakan, tambahan hari untuk simulasi mata pelajaran menjadi nili plus tersendiri. Anak-anak bisa mendapatk kesempatan mencoba soal dan menjatuhkan pilihan nanti. “Secara teknis dan sarana sudah dipersiapkan dengan baik,” paparnya.

Dihari kedua, satu mata pelajaran pilihan digabungkan dengan mapel bahasa Inggris. Yakni, mapel fisika untuk IPA, Geografi untuk IPS, antropologi untuk bahasa. Sedang dihari ketiga yang merupakan tambahan simulasi, dipergunakan mapel biologi dan kimia untuk IPA, ekonomi dan sosiologi untuk IPS serta sastra Indonesia dan bahasa asing untuk jurusan bahasa.

“Jadi kami juga belum melakukan pendataan untuk mata pelajaran kepada masing-masing sekolah, simulasi pertama ini biar dimanfaatkan betul oleh siswa SMA sebelum menetapkan mapel pilihan mereka yang akan di UNBK kan nanti,” terang Kepala Seksi Pendidikan SMA, SMK dan PKLK Cabang Dinas Pendidikan Gresik Rita Riana.

Ia menjelaskan, simulasi UNBK pertama ini berjalan lancar. Selama ini belum ada laporan dari sekolah-sekolah terkait kendala teknis maupun sisitem. Seluruh sekolah dikatakannya sudah dihimabu untuk mempersiapkan diri dengan baik. Termasuk bimbingan untuk penentuan mapel pilihan. “Terus kita pantau dan sedang dalma pendatana pemilihan mapel,” imbuhnya. (est/rof)

(sb/est/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia