Selasa, 21 Nov 2017
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Gresik

Prihatin Anak Zaman Sekarang

Selasa, 14 Nov 2017 12:50 | editor : Aries Wahyudianto

Nataria Wahyuning Subayani

Nataria Wahyuning Subayani (Esti/Radar Gresik)

KEPALA Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Gresik Nataria Wahyuning Subayani mengaku prihatin dengan anak di era sekarang. Sebab, mereka beraktifitas tidak sesuai usianya. Hal ini, membuat ia berkeinginan mengembalikan masa emas anak.

“Kadang itu gemas dengan sikap anak-anak jaman sekarang yang beraktifitas tak sesuai usianya,” ungkapnya Miris.

Anggota departemen pendidikan Nasyiatul Aisyiah Kabupaten Gresik sempat memiliki pengalaman miris terkait lingkungan anak-anak di era saat ini. Saat menjadi guru di salah satu SD, ia pernah mendapat olokan guru yang kurang gaul karena tidak mengerti lagu-lagu para suporter dan lagu dewasa yang tidak patut dikonsumsi anak usia SD. “Saya arahkan dengan mengajar dan melatih mereka dnegan lahu anak-anak dan lagu daerah, meski di olok-olok saya tetap teguh mengajarkan itu dnegan cara yang lebih kreatif,” terang perempuan asal Randuagung ini.

Menurutnya, masa emas anak di usia 6 hingga 12 tahun ini harus dinikmati dan dioptimalkan dengan baik. Terlebih, sebagian besar siswa di jenjang SD kurang mengenal lagu daerah. Hal tersebut memang sepele, namun membuatnya miris dan sangat prihatin. “Jadi saya kerja keras membuat berbagai pembelajaran yang bisa menarik perhatian anak-anak agar memperhatikan saya, kemudian saya ajak mereka lebih dekat dengan hal-hal yang patut mereka sukai dan pelajari di usia tersebut,” lanjut Nata.

Ia menyebut, faktor yang membuat mereka kehilangan  masa emas adalah kurangnya perhatian karena kesibukan orangtua serta pengaruh media massa dan sosial. “Itu faktor terbesarnya,” tandasnya. (est/rof)

(sb/est/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia