Jumat, 24 Nov 2017
radarsurabaya
icon featured
Events Surabaya

Siswa SMP Muhammadiyah 15 Belajar Membuat Koran

Senin, 13 Nov 2017 17:12 | editor : Wijayanto

ANTUSIAS: Siswa berebut untuk mengetahui tata cara melayout halaman koran.

ANTUSIAS: Siswa berebut untuk mengetahui tata cara melayout halaman koran. (istimewa)

Surabaya - Sekitar 125 siswa SMP Muhamadiyah 15 Surabaya dengan didampingi sembilan orang gurunya mengadakan kunjungan ke kantor Radar Surabaya di Jalan Kembang Jepun 167-169 Surabaya, Senin (13/11). Para siswa kelas VIII ini mengunjungi kantor harian pagi ini untuk mengetahui seluk beluk koran kebanggaan warga Surabaya yang dilahirkan oleh Jawa Pos Group tersebut.

Mereka belajar mulai dari sejarah berdirinya Radar Surabaya hingga kinerja redaksi. Mulai dari tata cara mencari dan meliput berita, menulis berita, mengedit, melayout, dan akhirnya mengirim ke percetakan di PT Temprina, Gresik, untuk diterbitkan dan diedarkan ke masyarakat.

“Radar Surabaya lahir dari sebuah koran reformasi bernama Suara Indonesia yang pernah berjaya di masanya. Radar Surabaya lahir pada 24 Februari 2001 sebagai koran lokal dengan wilayah edar di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik,” tutur Wijayanto dari Radar Surabaya.

Kepala SMP Muhammadiyah 15 Anis Sami Pujiastuti SE mengatakan bahwa kunjungan ke media cetak ini sebagai program studi lapangan bagi anak-anak didiknya untuk mengisi kegiatan tengah semester. Selain ke Radar Surabaya, siswa yang lain melakukan kunjungan ke Taman Flora Kebun Bibit untuk kelas VII, dan ke asrama haji untuk belajar manasik untuk siswa kelas IX.

“Kami bawa anak-anak ke sini untuk mengetahui langsung industri media seperti koran Radar Surabaya ini, sehingga mereka tahu persis bagaimana membuat koran mulai dari mencari berita sampai ke percetakan dan distribusi ke tangan pembaca,” tuturnya. Ia mengaku gembira atas sambutan yang diberikan oleh tim Radar Surabaya. (jay) 

(sb/jay/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia