Selasa, 21 Nov 2017
radarsurabaya
icon featured
Persona Gresik

Lebih Sabar

Rabu, 25 Oct 2017 12:29 | editor : Aries Wahyudianto

Atik Anjarwati

Atik Anjarwati (Esti/Radar Gresik)

Berprofesi sebagai guru pendamping khusus (GPK) untuk anak berkebutuhan khusus di SMA Muhammadiyah 1 Gresik membuat Atik Anjarwati menjadi pribadi yang lebih sabar. Sebab, ia bertemu dengan anak-anak istimewa yang selalu membuatnya tertawa.

"Dan itu sangat berdampak pada kehidupan sehari-hari," jelas perempuan asal Proklamasi ini.

Kesabaran yang dia dapat dan aplikasikan sehari-hari karena aktifitas pendampingan di sekolah. Atik merasa, siswa ABK yang ia dampingi seperti anaknya sendiri. "Mereka punya karakter yang berbeda-beda dan saya seperti ngasuh anak sendiri, itu membuat saya lebih sabar juga dan akhirnya terbiasa sabar," lanjut dia.

Dijelaskan, kedekatan secara emosionalpun bisa didapat dengan menyelami dan memahami masing-masing anak. Termasuk apa yang disuka dan tidak disukai oleh para siswa istimewanya. Ada kesenangan tersendiri bagi Atik, bila bisa menjadi guru yang memberikan semangat belajar dan berproses bagi anak-anak berkebutuhan khusus. "Senang ketika mereka cari saya, saat seharian tidak bertemu sama sekali," ungkapnya.

Ia menambahkan, meski mendapat banyak hal untuk berlatih sabar, bukan berarti tak ada dukanya. Ketika emosi siswanya memuncak, maka akan sulit baginya memberikan instruksi. "Selain sabar juga lebih bersyukur dan menikmati hidup," imbuhnya. (est/rof)

(sb/est/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia