Jumat, 24 Nov 2017
radarsurabaya
icon featured
Persona Gresik

Jaga Suara dengan Muay Thai

Sabtu, 21 Oct 2017 10:44 | editor : Aries Wahyudianto

Intan Winarno

Intan Winarno (Esti/Radar Gresik)

Memiliki profesi sebagai penyanyi tentu membutuhkan stamina tinggi. Terlebih jadwal panggung yang padat. Sebab, stamina yang prima sangat berpengaruh pada kualitas vokal dan performance yang ditampilkan. Sadar akan pentingnya menjaga stamina dan kebugaran itu, Intan Winarno,  mengaku rutin berlatih muay thai.

"Seni tinju sekaligus olahraga ini jadi salah satu favorit untuk jaga suara dan refreshing," terang Intan.

Ia melakukannya, selama dua kali dalam sepekan. Masing-masing lamanya kurang lebih dua jam. Intan merasakan betul bahwa olahraga tersebut berpengaruh positif pada energi dan nafasnya.

“Kalau fisik baik, nyanyi berapa lagu pun stamina masih kuat, suara juga tetap stabil," terang Vokalis Terbaik Purwacaraka Music Studio 2006 itu.

Menurut Intan, meski menyanyi dengan gerakan yang atraktif, seorang penyanyi harus tetap bisa menjaga kontrol suaranya.  Sejauh ini, Intan mengaku masih bisa tetap stabil. Saat mengisi acara wedding maupun event gathering yang membutuhkan kurang lebih 10 lagu dalam dua jam acara, ia pun sanggup. "Kalau sudah drop, maka air mineral, dan segelas minuman jahe hangat yang saya konsumsi, Ketimbang buru-buru mengonsumsi obat," ungkapnya.

Ia menambahkn, saat kondisinya tidak cukup baik, Intan akan mengurangi konsumsi makanan pedas dan gorengan. “Juga menghindari makanan yang mengandung MSG. Soalnya itu bikin suara jadi tak jernih, imbuhnya. (est/rof)

(sb/est/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia