Jumat, 24 Nov 2017
radarsurabaya
icon featured
Persona Gresik

Selalu Giat Belajar

Jumat, 20 Oct 2017 12:17 | editor : Aries Wahyudianto

Ramawan

Ramawan (Esti/Radar Gresik)

Bagi siswa berprestasi asal SMAN 1 Gresik Ramawan, untuk menjadi pribadi yang cerdas dan berprestasi harus giat belajar dan memiliki niat yang kuat. Tak heran bila dirinya mendapatkan banyak prestasi. Salah satu prestasi terbarunya, adalah Olimpiade Sains Nasional (OSN) kimia. Ia mendapat medali perunggu.

“Hasilnya tentu  sangat memusakan, dan member motivasi tersendiri,” ungkap Rama.

Menurutn dia, tidak semua siswa berkesempatan seperti dirinya. Selain bisa mengikuti tingkat nasional, kelebihan dari aktif mengikuti kompetisi adalah mendapat banyak teman yang bisa diajak sharing dan berdiskusi. “Senang juga sih bisa ikut tingkat nasonal, di sana banyak teman, jadi tambah ilmu juga,” ungkap laki-laki berusia 17 tahun ini.

Ramawan memiliki cara tersendiri untuk bisa berprestasi dan menang di berbagai kompetisi. Ia harus belajar secara sungguh-sungguh dan memperbanyak membaca. Terlebih, giat mempelajari petunjuk tekni dalam lomba dan mempersiapkannya dengan matang. Tak tanggung-tanggung, untuk mempersiapkan sebuah kompetisi, ia bisa menyiapkan dalam kurun waktu dua tahun sebelumnya. “Sudah harus ada pandangan, apa yang perlu kita pelajari lagi, agar jadi motivasi tersendiri,” papart dia.

Selain niat dan giat belajar, Ramawan termasuk sosok yang tertib soal waktu. Dia tak ingin waktunya terbuang sia-sia untuk hal yag tidak bermanfaat. Apabila waktu kosong, ia memilih manfaatkan untuk memperlajari bahan yang diujikan. Seperti setiap kali selesai sholat Subuh, ia pasti menyempatkan membaca. “Iya biasa kalau ingin pintar waktu harus diatur, setiap waktu kosong manfaatkan sebaik mungkin,” imbuhnya. (est/rof)

(sb/ris/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia