Selasa, 21 Nov 2017
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi

Belum Buka Lowongan, Awas HOAX, Penipuan Iklan CPNS Pemprov Jatim

Selasa, 17 Oct 2017 05:30 | editor : Abdul Rozack

grafis HOAX Lowongan CPNS Pemprov Jatim

grafis HOAX, Penipuan Iklan CPNS Pemprov Jatim (net)

SURABAYA-Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) mengingatkan kepada masyarakat untuk tak mudah percaya terhadap rekrutmen CPNS di lingkungan pemprov. Pasalnya, pemprov pada tahun ini belum membuka formasi lowongan. 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BKD Pemprov Jatim Siswo Heroetoto. Pihaknya meyakinkan bahwa tidak pernah mengingklan lowongan rekrutmen CPNS. "Itu iklan palsu atau penipuan kepada masyarakat. Pemprov tidak pernah membuka lowongan seleksi CPNS," ujar Heru, Senin (16/10). 

Untuk itu dirinya mengingatkan kepada masyarakat agar mewaspadai kalau ditemui pengumuman seperti itu. Diakuinya, hingga saat ini belum ada kuota rekrutmen CPNS. Dirinya masih menunggu pemberian dari pemerintah pusat dan hingga kini hal itu belum juga ada. "Kalaupun memang ada, pasti pengumumannya secara prosedural. Tidak serta merta lewat iklan media massa begitu saja," jelasnya. 

Siswo pun meminta kepada masyarakat untuk lebih selektif. Semua informasi yang didapat bisa dikroscek melalui BKD Jatim maupun kabupaten/kota. Bahkan, dia menyarankan agar masyarakat melaporkan kepada penegak hukum. Jika ada pengumuman yang meragukan. Terlebih lagi didalamnya ada iming-iming atau janji peluang masuk yang mudah. 

Dia pun menyarankan agar media massa juga berhati-hati. Tidak sembarangan menerima tawaran iklan yang ada logo pemerintah atau menyebutkan nama pemerintah. Pihaknya meminta media massa tersebut untuk melakukan kroscek terlebih dulu ke instansi pemerintah yang bersangkutan. 

"Kalau diumumkan di media massa pasti ada surat resmi," tuturnya. 

Seperti diketahui, sempat beredar iklan rekrutmen CPNS beberapa waktu lalu. Berdasarkan iklan tersebut disebutkan ada enam bagian atau satuan kerja yang dibuka lowongan. Yakni penyuluh lapangan, penyuluh, humas dan protokol, administrasi dan kearsipan, pemberdayaan dan masyarakat desa, dan pelayanan satu atap.

Untuk meyakinkan bahwa iklan tersebut benar, juga disebutkan persyaratan khususnya. Diantaranya seluruh berkas lamaran dimasukkan amplop coklat, cantumkan bagian yang dilamar dan dikirim ke PT Pos Indonesia ke Administrasi SKP PO.BOX 1323 SB 60013. Batas akhir penerimaan berkas 23 Oktober 2017 cap pos.

(sb/bae/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia