Selasa, 21 Nov 2017
radarsurabaya
icon featured
Events Gresik

Angka Harapan Hidup di Gresik Sampai 72,02 Tahun

Senin, 16 Oct 2017 17:46 | editor : Aries Wahyudianto

Para lansia serta Bupati Gresik Sambari Halim dan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf melakukan senam bersama

HIDUP SEHAT: Para lansia serta Bupati Gresik Sambari Halim dan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf melakukan senam bersama memperingati hari lansia. (Esti/Radar Gresik)

KOTA –Angka harapan hidup di Gresik berhasil melampau Provinsi Jawa Timur (Jatim). Ini seperti yang disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Jatim Saifullah Yusuf pada acara gebyar Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) dan Hari Kesetiakawanan Nasional (HKN) 2017 di halama Kantor Bupati Greisk.

"Gresik memiliki angka harapan hidup 72,02 tahun yang lebih tinggi dari angka harapan hidup Provinsi Jawa Timur yang hanya 71 tahun," sebut laki-laki yang akrab disapa Gus Ipul tersebut.

Ia mengatakan, jumlah lansi di Gresik termasuk tinggi. Sebab, mereka memiliki angka harapan hidup tinggi. Ia berharap, angka ini bisa dipertahankan oleh Gresik. Termasuk menjaga semangat para masyarakatnya hidup sehat hingga menua dengan sehat. "Salah satunya seperti senam rutin bersama ini." lanjutnya.

Sementara itu, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengingatkan para lansia harus melakukan pola hidup sehat. Ia menyebutkan, terdapat 4 hal  yang harus dilakukan untuk menjalani hidup sehat. “Jadi kita tetap beraktifitas, perbanyak makan sayur dan buah, selalu cek up kesehatan minimal enam bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit. Dan yang terpenting, adalah selalu berpikir positif," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Gresik M. Nurul Dhollam menyebutkan, jumlah lansia di Gresik tahun 2017 mencapai 70.041 jiwa. Diikuti jumlah penduduk pra lansia  mencapai 228.472. “Dari bidang kesehatan, kita selalu pantau kesehatan lansia, pemberdayaan dan aktifitas terkait kesehatan melalui puskesmas secara rutin. Sehingga mereka terkontrol dan memiliki pola hidup sehat agar bisa menua dengan kondisi sehat," imbuhnya. (est/rof)

(sb/ris/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia