Selasa, 21 Nov 2017
radarsurabaya
icon featured
Events Surabaya
Pagelaran Wayang Kulit Terspektakular diJatim

Duet Maut Dalang Kondang Ki Anom dan Ki Manteb, Lawak Cak Kartolo CS

Jumat, 13 Oct 2017 20:10 | editor : Abdul Rozack

Gus Ipul Ajak Masyarakat Nonton Bareng Wayang Kulit

Gus Ipul Ajak Masyarakat Nonton Bareng Wayang Kulit (QUOTE)

SURABAYA-Pagelaran wayang kulit  spektakular dan terbesar di Jawa Timur akan digelar di Lapangan Makodam V/Brawijaya, Selasa (17/10).

Dua dalam dalang kondang akan duet  maut  yakni Ki Anom Suroto dan Ki Manteb Soedharsono.

   "Duet maut dua dalang kondang Ki Anom Suroto dan Ki Manteb Soedharsono ini sengaja kami gelar untuk memeriahkan HUT TNI ke 72 sekaligus HUT Pemerintah Provinsi Jawa Timur ke 72," kata Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul), kemarin.

   Tidak hanya pertunjukan duo dalang kondang, Gus Ipul  mengaku juga akan menghadirkan Ki Bayu Aji, dengan sinden Eka Kebumen;  lawak limbukan  dimainkan oleh Cak Kartolo CS, kemudian Gareng Semarang dan Cak Dikin. Pagelaran ini dimulai tepat pukul 20.00 WIB dengan penampilan Kartolo CS. "Duet maut dalang kondang ini akan mengambil lakon Lamabad Wonomarto. Keren kan, makanya monggo kita rame-rame mirsani," ajak Gus Ipul.

    Gus Ipul menegaskan, pagelaran wayang ini sengaja digelar sebagai upaya untuk memperkuat kesatuan, kebersamaan dan memelihara semangat gotong royong. Semua golongan duduk bersama tanpa ada perbedaan untuk menikmati setiap cerita pewayangan. 

   "Kita bisa lihat semua golongan baik tua, muda, yang susah dan yang senang duduk sama untuk menyaksikan wayang kulit. Semua tidak ada perbedaan. Inilah kekayaan kita sebagai bangsa Indonesia yang telah menjadi warisan dunia," ungkapnya.

   Menurut Gus Ipul, pagelaran wayang juga bisa dijadikan contoh sekaligus cermin bagi perilaku hidup manusia. Wayang banyak mengandung nilai-nilai luhur yang sangat bermanfaat jika di aplikasikan dalam kehidupan nyata.

    Cerita pewayangan juga selalu diambil dari kisah hidup yang memiliki nilai manfaat yang luar biasa. Melalui pagelaran wayang kulit, penonton diajarkan untuk dapat memilah dan memilih hal hal yang baik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari hari.

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia