Senin, 23 Oct 2017
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Kiat Industri Pariwisata Menjaga Nilai Agama

Tak Bisa Menunjukkan Surat Nikah, Boleh Menginap Lain Kamar

Jumat, 13 Oct 2017 13:13 | editor : Aries Wahyudianto

Hj. Adawiyah pemilik hotel Intan

Jaga Norma : Hj. Adawiyah pemilik hotel Intan sedang berdiri selektif menerima pengunjung (BASITH/Radar Gresik)

Perhotelan menjadi bagian dari sebuah industri pariwisata. Di Pulau Bawean pengelola hotel turut menjaga norma agama.

Abdul Basith/Wartawan Radar Bawean

Seiring dengan pembenahan objek wisata di Pulau Bawean, telah tumbuh sejumlah hotel. Sarana pendukung wisatawan ini tak sekedar menyiapkan tempat menginap. Para tamu diwajibkan KTP dan surat nikah bagi yang berpasangan.

Ir. H. Syariful Mizan pemilik hotel Sahabat di Sangkapura mengatakan seluruh tamu yang akan check in di hotel diwajibkan menunjukkan KTP sebagai identitas diri. "Bagi pengunjung yang berpasangan diwajibkan menunjukkan buku nikah, ataupun KTP yang satu alamat,"katanya.

Jika tidak bisa menunjukkan KTP ataupun buku nikah, maka ditolak untuk berkunjung. Adapun yang berpasangan tidak bisa menunjukkan buku nikah ataupun KTP yang sealamat diperbolehkan menginap tapi harus berlainan kamar. "Itupun tidak terlepas dari pantauan pihak petugas hotel untuk menjaganya,"ujarnya.

Menurutnya Pulau Bawean yang dikenal Islami jangan sampai ternodai dengan adanya bisnis hotel dengan melonggarkan aturan. "Aturan hotel syariah diberlakukan untuk mengihindari perbuatan maksiat,"paparnya.

Hal senada disampaikan Hj Adawiyah pemilik hotel intan dekat Pelabuhan Bawean, bahwa pengunjung hotel diwajibkan menunjukkan identitas diri dan buku nikah. "Jika tidak, maka ditolak menginap sehubungan jadi aturan,"tuturnya.

Imron Rasyidi kepala UPT Pariwisata Bawean mengatakan seluruh hotel diwajibkan memberlakukan aturan seperti menunjukkan identitas pengunjung, termasuk selektif dalam menerima tamu yang berkunjung. "Adapun menunjukkan buku nikah juga kewajiban sehubungan sudah diatur dalam peraturan daerah Kabupaten Gresik,"pungkasnya. (*/rtn)

(sb/ris/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia