Selasa, 12 Dec 2017
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Ombak Tinggi, Truk Angkut Besi Terguling

Jumat, 13 Oct 2017 13:10 | editor : Aries Wahyudianto

Truk beserta muatannya menimpa mobil expass

Tergencet : Truk beserta muatannya menimpa mobil expass, hingga ringsek. (BASITH/Radar Gresik)

Bawean - Truk bermuatan besi seberat 4 sampai 5 ton yang dimuat KMP Gili Iyang terguling. Akibatnya sebuah mobil expass yang berada di samping truk tergencet, dan mengalami rusak parah. Atas kejadian ini pihak pengelola, PT Pelayaran ASDP Indonesia (Persero) bertanggungjawab dengan memberikan asuransi perbaikan mobil.

Petugas PT Pelayaran ASDP Indonesia (Persero) Suhaimi, mengatakan kejadian ini saat kapal melakukan pelayaran dari Pelabuhan Paciran menuju Pelabuhan Bawean, Rabu (11/10). "Peristiwa terjadinya tepat jam 23.00 WIB. ketika menerjang ombak tinggi diikuti tergulingnya truk bermuatan besi yang menimpa mobil expass milik Mohammad Rosyidi,"katanya.

Adapun penyebab utama gulingnya truk diatas kapal bersubsidi dari pemerintah, disebabkan truk tanpa ada pengaman atau diatas kapal tidak diikat. Sementara muatannya sangat berat. Apalagi besi yang dibawahnya tidak disimpan kedalam, hanya diikat bagian atasnya saja.

Sebagai ganti rugi, pihaknya akan mengklaim asuransi dengan membawa berlayar mobil yang rusak parah. "Semuanya diserahkan kepada pihak asuransi, mau diperbaiki ataupun diganti yang baru,"paparnya.

Merespon adanya kejadian, kedepan untuk angkutan kendaraan akan diperketat di Pelabuhan Paciran Lamongan. "Tujuannya untuk keselamatan dalam pelayaran,",tegasnya.

Sementara Lutfil Kamar Kepala UPT Perhubungan Bawean menyatakan adanya truk guling diatas KMP Gili Iyang merupakan pelajaran berharga kepada pihak kapal agar kedepan hati-hati dalam menerima pengangkutan. "Truk dengan muatan besi yang berat terguling karena tidak diikat, beruntung tidak ada korba jika dalam kejadian itu,"pungkasnya. (bst/rtn)

(sb/ris/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia