Jumat, 20 Oct 2017
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Pelabuhan Gresik Terapkan Aplikasi Online

Jumat, 13 Oct 2017 12:41 | editor : Aries Wahyudianto

Kegiatan kepelabuhanan di Pelabuhan Gresik

ONLINE : Kegiatan kepelabuhanan di Pelabuhan Gresik kini menggunakan sistem online. (YUDHI/RADAR GRESIK)

KOTA - Pelindo III Cabang Gresik dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gresik mulai mengoperasikan sistem kepelabuhanan bertitel Inaportnet. Sistem ini berfungsi memudahkan pengguna jasa kepelabuhanan dalam bertransaksi, monitoring kapal serta pengajuan dokumen kelengkapan kapal.

Kepala KSOP Gresik, Agustinus Ma’un mengatakan, implementasi Inaport telah disosialisasikan sejak lama. Untuk itu, pihaknya siap menerapkan Inaport di Pelabuhan Gresik. "Tentunya ini didukung oleh semua pihak mulai Pelindo III serta para stakeholder untuk kelancarannya,” ujar Agustinus, kemarin.

Dikatakan, Inaportnet merupakan sistem online untuk layanan. Sistem ini digunakan membantu proses permohonan pelayanan kapal sampai dikeluarkannya izin pengoperasian kapal.

“Semua layanan tersebut akan dilakukan secara online melalui Inaportnet. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kesalahan penerbitan dokumen dilapangan,” jelasnya.

General Manager PT Pelindo III cabang Gresik, Onny Djayus mengungkapkan, implementasi Inaportnet untuk memudahkan pelayanan. Hal ini secara otomatis akan meningkatkan daya saing pelabuhan di Indonesia dengan negara lain.

Dijelaskan, dalam sistem Inaportnet pengguna jasa diminta melakukan pengisian online layanan.“Sistem ini tentu akan memberikan kemudahan kepada seluruh pengguna jasa kepelabuhanan,” ungkapnya.

Ditempat sama, Septa Staf Bagian Umum PT Oremus Bahari Anugerah mengaku, dia mendukung penerapan Inaportnet. Alasannya, dia bisa melakukan pengajuan dokumen. “Untuk mengajukan dokumen, saat ini saya tidak perlu datang ke pelabuhan Gresik. Selain lebih efisien, saya juga bisa memonitor kelengkapan dokumen kapal,” tandasnya. (fir/ris)

(sb/ris/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia