Rabu, 18 Oct 2017
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Sidoarjo

Komisi A Minta Penataan Pedagang Pasar

Jumat, 13 Oct 2017 09:10 | editor : Lambertus Hurek

BERBENAH: Salah satu sudut Pasar Gedangan yang digagas menjadi pasar bestandar nasional. Komisi A DPRD Sidoarjo berharap penataan pedagang pasar dilakukan secara menyeluruh di pasar-pasar di Kota Delta.

BERBENAH: Salah satu sudut Pasar Gedangan yang digagas menjadi pasar bestandar nasional. Komisi A DPRD Sidoarjo berharap penataan pedagang pasar dilakukan secara menyeluruh di pasar-pasar di Kota Delta. (SURYANTO/RADAR SIDOARJO)

KOTA-Komisi A DPRD Sidoarjo meminta agar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) semakin melakukan penataan pedagang di pasar. Hal tersebut harus dilakukan secara menyeluruh di pasar-pasar di Sidoarjo. 

Ketua Komisi A Taufiqulbar mengatakan para pedagang di pasar harus ditata dengan baik. Sebab, penataan yang tepat akan berpengaruh menjadi daya tarik para pembeli datang ke pasar tersebut. Hal tersebut juga akan mempengaruhi jumlah pedagang yang di pasar. 

“Jika dirawat tentu perputaran uang di pasar akan menjadi lebih besar,” katanya. 

Dia mengungkapkan, dalam pantauan di sejumlah pasar selama ini banyak pedagang yang berjualan di lapak yang justru mengganggu pembeli lewat. Hal itu sebenarnya yang menjadi fokus Disperindag Sidoarjo agar pasar bisa semakin tertib. “Selain itu perlu diimbangi dengan petugas di pasar yang harus bisa berkomunikasi baik dengan pedagang,” terangnya. 

Menurutnya, saat ini pasar tradisional masih dipercaya oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok. Karena itu Disperindag harus bisa memanfaatkan kondisi itu agar pasar Sidoarjo tetap bisa hidup. “Jika pembeli sepi, pedagang tentu akan gulung tikar,” jelasnya. 

Politisi PBB ini menegaskan, selama ini sejumlah pasar di Sidoarjo memang belum maksimal dalam memberikan pelayanan. Karena itu secara bertahap diharapkan ada peningkatan pelayanan di pasar Sidoarjo. 

(sb/rek/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia