Selasa, 12 Dec 2017
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Pemkab Sidoarjo Raih Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha

Dalam HUT Ke-72 Provinsi Jawa Timur

Jumat, 13 Oct 2017 08:35 | editor : Lambertus Hurek

SELAMAT: Bupati Sidoarjo Saiful Ilah menerima penghargaan Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha dar Presiden RI Joko Widodo yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Kamis (12/10)

SELAMAT: Bupati Sidoarjo Saiful Ilah menerima penghargaan Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha dar Presiden RI Joko Widodo yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Kamis (12/10) (ANNISA FIRDAUSI/RADAR SIDOARJO)

KOTA-Pada puncak peringatan HUT ke-72 Provinsi Jawa Timur (Jatim), Kabupaten Sidoarjo dianugerahi Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha. Penghargaan ini diberikan kepada Bupati Saiful Ilah atas kinerja Pemkab Sidoarjo yang dinilai sangat baik selama tiga tahun berturut turut. 

Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha merupakan penghargaan bagi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang berprestasi tertinggi dalam pelaksanaan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat cara harfiah. Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri RI Tjahyo Kumolo dalam upacara peringatan HUT ke-72 Provinsi Jatim yang digelar di Tugu Pahlawan, Kamis (12/10). 

Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil penilaian komprehensif terhadap 138 indikator kunci laporan penyelenggaraan pemerintah daerah selama tiga tahun berturut-turut. Sejak tahun 2013 hingga 2015, Pemkab Sidoarjo berhasil meraih nilai tertinggi untuk semua indikator yang meliputi indeks kerja utama, pengambil kebijakan, pelaksanaan kebijakan, serta pelaksanaan urusan wajib.

KERJA TIM: Bupati Sidoarjo Saiful ilah (tengah) bersama kepala OPD setelah menerima penghargaan di Tugu Pahlawan, Surabaya

KERJA TIM: Bupati Sidoarjo Saiful ilah (tengah) bersama kepala OPD setelah menerima penghargaan di Tugu Pahlawan, Surabaya (ANNISA FIRDAUSI/RADAR SIDOARJO)

Bupati Saiful Ilah mengatakan dirinya senang atas penghargaan Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha ini. “Tetapi penghargaan bukan tujuan utama. Yang paling penting adalah bagaimana Pemkab Sidoarjo bisa melayani masyarakat. Itu yang selalu saya tekankan kepada seluruh pegawai di Kota Delta,” ujar pria yang akrab disapa Abah Ipul tersebut. 

Sementara itu, di Alun-Alun Sidoarjo kemarin juga digelar upacara peringatan Hari Jadi ke-72 Provinsi Jatim. Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin bertindak sebagai inspektur upacara dan Camat Prambon Ainun Amalia sebagai komandan upacara. Sedangkan tema yang diambil yakni Peningkatan Sumber Daya Manusia Lewat Pendidikan Kejuruan Sebagai Solusi Menuju Jawa Timur Mandiri dan Berdaya Saing Global dipilih untuk membangun Human Development Economic Based (Membangun Ekonomi Berbasis SDM). 

“Supaya mampu tumbuh inklusif dan berkelanjutan dengan fokus pada segmen UMKM,” ujar Nur Ahmad Syaifuddin.

Dalam amanat Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang disampaikan oleh Nur Ahmad Syaifuddin, pertumbuhan ekonomi harus ditingkatkan. Selama ini pertumbuhan ekonomi Jawa Timur sangat membanggakan. Pada semester I tahun 2017 mencapai 5,21 persen dan lebih cepat dari pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,01 persen. Ini menggambarkan bahwa walaupun dalam situasi dinamika global yang kurang kondusif, kinerja para bupati, wali kota, masyarakat, serta dunia usaha di Jawa Timur sangat luar biasa. 

(sb/rek/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia