Kamis, 14 Dec 2017
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Gresik

Kecanduan Sabu, Sugianto Dituntut 2 Tahun

Kamis, 12 Oct 2017 15:23 | editor : Aries Wahyudianto

Terdakwa Sugianto

TUNTUTAN : Terdakwa Sugianto setelah jalani sidang di PN Gresik (YUDHI/RADAR GRESIK)

KEBOMAS – Akibat kecanduan sabu-sabu, kini Sugianto, 29, warga Dusun Nongkesen, Desa Tamberu Daya, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang bakal merasakan pengapnya sel tahanan. Ia dituntut 2 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), Aries Fajar Julianto, di Pengadilan Negeri (PN) Gresik.

Tuntunan ini diberikan karena terdakwa terbukti memiliki narkotika jenis sabu, seberat 0,43 gram. Ia dianggap melanggar pasal 127 ayat 1 huruf a UU RI nomor 35 tahun 2009, tentang narkotika.

Setelah tuntutan dari JPU ini, hakim ketua, Lia Herawati langsung mempersilahkan terdakwa untuk berkonsultasi dengan Penasehat Hukum, (PH) dari lembaga bantuan posbakum, Rizal Hariyadi. “Silahkan terdakwa, untuk berdiskusi terlebih dahulu, dengan penasehat hukum saudara. Tentang tuntutan yang dibacakan,” ujarnya.

Selang tak berapa lama, terdakwa dan PH sepakat untuk memberikan jawaban mengenai tuntutan, pada sidang selanjutnya. “Kami mohon ijin kepada majelis, untuk memberikan jawaban pada persidangan selanjutnya,” ujar Rizal.

Setelah permohonan tersebut, hakim ketua langsung menunda sidang, dan melanjutkan proses persidangan pada minggu depan. “Sidang saya tutup dan dilanjutkan pada minggu depan,” demikian kata Lia Herawati, dengan ketokan palu.

Sebelumya, Sugianto diseret ke kursi pesakitan setelah kedapatan memiliki sabu-sabu. Ketika ditangkap, terdakwa tengah melakukan transaksi jual beli barang haram, dengan Holis yang masih DPO. Kejadian ini, mereka lakukan pada Senin (12/6), pukul 08.45 di rumah Holis.

Namun naas setelah transaksi tersebut dilakukan, Sugianto tertangkap oleh pihak kepolisian. Dari penangkapan tersebut, ditemukan sejumlah barang bukti, berupa. Satu kantong plastik klip berisi sabu dengan berat 0,43 gram, satu unit telepon genggam, satu pipet kaca, satu set alat hisap dan dua buah korek api gas. (fit/rof)

(sb/ris/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia