Selasa, 12 Dec 2017
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Petani Semangka Gagal Panen

Ukuran Kecil, Harga Jual Dipasaran Anjlok

Kamis, 12 Oct 2017 15:17 | editor : Aries Wahyudianto

Gagal Panen

GAGAL PANEN: Hama yang menyerang tanaman sejak setahun terakhir panen petani (YUDHI/RADAR GRESIK)

Para petani semangka di Desa Delegan, Kecamatan Panceng harus menderita kerugian yang cukup besar. Penyebabnya, lantaran mereka harus mengalami gagal panen akibat serangan hama.

Yudhi

Wartawan Radar Gresik

DALAM musim tanam kali ini, rata-rata semangka yang dihasilkan kecil. Hal tersebut disebabkan hama yang menyerang tanaman sejak setahun terakhir.  Salah satu petani semangka Asal desa Dalegan Panceng, Rabola, 60, mengaku, tahun ini semangka yang dihasilkan tidak sesuai yang diharapkan.

Ia menyatakan semangka yang dihasilkan menjadi lebih kecil sehingga harga jual menjadi murah.

“Semangka yang dihasilkan kecil-kecil sehingga tidak laku dipasaran. Harga rata-rata 1500 sampai 3000 per kilogram," katanya

Diakuinya, penyebab semangka yang dihasilkan menjadi lebih kecil tersebut dikarenakan adanya hama yang menyebar mulai dari daun hingga buah, sehingga semangka yang dihasilkan tidak bisa besar seperti biasanya.

“Memakai pupuk apapun sudah. Tapi hama tersebut masih ada, itu yang menyebabkan semangka tidak bisa besar,” ujar Rabola yang juga berharap ada tindakan nyata dari dinas terkait dalam menyikapi hama tanaman semangka. (*/rof)

(sb/ris/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia