Kamis, 14 Dec 2017
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Cegah Kemacetan, Dishub Beli Mobil Derek

Kamis, 12 Oct 2017 15:01 | editor : Aries Wahyudianto

Dishub Gresik bakal miliki mobil Derek

CEGAH KEMACETAN : Dishub Gresik bakal miliki mobil Derek untuk atasi kemacetan lalu lintas. (YUDHI/RADAR GRESIK)

KEBOMAS –Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gresik terus berupaya mencegah terjadinya kemacetan. Terbaru, mereka bakal melakukan pengadaan mobil derek. Ini sangat penting untuk mengantisipasi kemacetan terjadi akibat truk mogok di tengah jalan.

Informasi yang berhasil dihimpun, pengajuan anggaran pengadaan mobil derek tersebut sudah disepakati. Tim Anggaran (Tim-Ang) dan Banggar dalam perubahanAPBD 2017 menyiapkan anggaran sebesar Rp 900 juta untuk pembelian mobil tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik Andhi Hendro Wijaya membenarkan adanya rencana pengadaan mobil derek. Rencananya pengadaan akan dilakukan dalam waktu dekat menunggu selesainya proses perubahan anggaran. "Iya, ada pengadaan mobil derek," ujarnya kepada wartawan, kemarin.

Dikatakan, pengadaan mobil derek ini untuk mengantisipasi adanya truk mogok di tengah jalan. Dan kondisi semacam ini sudah sangat sering terjadi. "Jadi kalau ada truk mogok bisa langsung dipinggirkan dari tengah jalan agar kemacetan bisa terurai," ungkap dia.

Ditambahkan, ke depan pihaknya juga perlu menyiapkan mobil derek dengan ukuran yang lebih kecil. Ini dilakukan untuk menderek mobil yang parkir sembarangan. "Khusus untuk parkir liar, perlu adanya perbup yang mengatur sanksi. Termasuk di derek atau digembok seperti halnya kota lain," imbuh dia.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPRD Gresik Markasim mengatakan mobil derek ini sangat penting karena padatnya lalu lintas kendaraan besar di jalanan Gresik. Sebab, beberapa kali kemacetan terjadi lantaran ada truk yang mogok di tengah jalan. "Dan kami sudah menyepakati anggaran pembeliannya," ujarnya singkat. (rof)

(sb/ris/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia