Rabu, 18 Oct 2017
radarsurabaya
icon featured
Persona Gresik

Tetap Produktif Menulis

Kamis, 12 Oct 2017 14:24 | editor : Aries Wahyudianto

Priyandono

Priyandono (Esti/Radar Gresik)

MESKIPUN disibukkan dengan kegiatan mengajar, tidak membuat produktivitas Priyandono dalam menulis menurun. Guru SMAN I Gresik ini bahkan berusaha menularkan kebiasaan menulisnya kepada anak-anak didik serta keluarganya.

“Bagi saya menulis sudah menjadi kebutuhan. Jadi saya berusaha terus mengembangkan dunia menulis dan literasi di lingkungan sekitar saya,” ujar Finalis Pembelajaran Tingkat Nasional 2017 tersebut.

Untuk mengembangkan dunia menulis serta budaya literasi suami Rusmini ini, membentuk klub menulis pelajar. Bersama kepala sekolah dan guru bahasa Indonesia, dirinya bisa membimbing klub yang disebut Komunitas Penulis Muda SMAN 1 Gresik (Kompensa). “Dunia menulis dan literasi sangat penting untuk meningkatkan wawasan para siswa,” kata dia.

Menurut dia, dengan kebiasaan menulis siswa akan dituntut untuk mengetahui banyak hal. Sebab, jika tidak memiliki wawasan yang luas, mereka akan kesulitan untuk menulis. “Jadi antara literasi dan menulis harus imbang. Sehingga mau tidak mau, sebelum menulis para siswa pasti akan membaca ataupun bertanya,” terangnya.

Ditambahkan, dirinya akan melakukan berbagai cara untuk terus menghidupkan dunia menulis dan budaya literasi. “Pada prinsipnya, membaca bisa mengenal dunia dan menulislah agar bisa dikenal dunia,” imbuh Finalis Lomba Naskah Buku Pendidikan Penguatan Karakter 2017 dengan buku berjudul Bisnis dengan Tuhan. (est/rof)

(sb/ris/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia